Organda Sumbar siapkan 2.500 armada mudik

id armada mudik,angkutan mudik,organda sumbar

Organda Sumbar siapkan 2.500 armada mudik

Ilustrasi. (Antara)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumatera Barat mempersiapkan 2.500 angkutan mudik untuk mengangkut penumpang menjelang perayaan Idul Ftri 1439 Hijriah.

"Jumlah itu diperkirakan mampu mengangkut seluruh warga yang akan mengunjungi kampung halaman mereka," kata Ketua Organda Sumatera Barat Sengaja Budi Syukur di Padang, Kamis.

Menurut dia 2.500 angkutan tersebut terdiri dari jenis armada Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), armada Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan jenis Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP), selain itu pihaknya juga mempersiapkan angkutan berupa bus pariwisata.

Ia mengatakan sejauh ini persiapan angkutan lebaran sudah berjalan dengan baik termasuk pengecekan kendaraan dan sopir.

"Kami sudah memastikan semua persiapan armada angkutan lebaran berjalan dengan baik dan semuanya dalam kondisi layak jalan," katanya.

Dirinya mengimbau kepada sopir yang mengendarai angkutan mudik benar-benar menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit dalam berkendara sehingga tidak membahayakan penumpang dan pengendara lain.

"Untuk pemeriksaan terhadap mobil dan sopir tentu akan dilakukan oleh pihak terkait. Kami mengimbau agar pengusaha benar-benar mempersiapkan kendaraannya dengan baik sehingga mobil yang digunakan laik jalan," kata dia.

Ia memperkirakan jumlah angkutan yang difungsikan untuk angkutan lebaran cukup untuk mengangkut seluruh penumpang menuju 18 kota dan kabupaten di seluruh Sumatera Barat.

Saat ini jumlah angkutan lebaran didominasi oleh mobil bus berukuran menengah yang lebih kecil sehingga memudahkan mereka mengantarkan penumpang dengan cepat.

"Bus ukuran menengah ini juga akan menjadi solusi apabila terjadi lonjakan penumpang. Namun kita prediksi tahun ini jumlah penumpang akan lebih sedikit dari tahun lalu," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat Amran mengatakan pihaknya telah melakukan empat kali pengecekan terhadap angkutan mudik.

Dari sampel dalam beberapa minggu terakhir dilakukan terhadap 60 unit armada, sebanyak 40 unit dinyatakan laik jalan sisanya masih belum memenuhi standar.

"Kami mengimbau kepada Dishub kota dan kabupaten agar melakukan pengecekan kembali sehingga seluruh armada laik jalan dan memberikan keamanan terhadap penumpang," katanya. (*)