Dua pekan Ramadhan harga cabai merah di Bukittinggi turun

id cabai

Dua pekan Ramadhan harga cabai merah di Bukittinggi turun

Cabai merah. (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Yang penting masyarakat melakukan pola konsumsi secara wajar, beli sesuai dengan yang dibutuhkan. Itu akan bantu menjaga harga stabil
Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Harga cabai merah di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami penurunan dalam dua pekan Ramadhan 1439 Hijriah.

Seorang pedagang cabai di Pasar Bawah Bukittinggi, Eli (45), Kamis, mengatakan harga cabai merah pada Kamis pagi sudah jauh turun jika dibandingkan dengan harga beberapa hari jelang Ramadhan.

Ia menyebutkan, sebelum memasuki bulan suci harga komoditas yang sering menjadi penyumbang inflasi di Sumbar itu mencapai Rp60.000 per kilogram.

"Lalu setelah itu berangsur-angsur turun terus. Sekarang saya jual Rp30.000 per kilogram," katanya.

Di saat Ramadhan tidak ada kesulitan memperoleh cabai merah yang dibelinya dari daerah Lasi dan Baso Kabupaten Agam.

Sementara harga sejumlah kebutuhan pokok lain di Pasar Bawah dalam dua pekan terakhir menunjukkan kondisi stabil atau tidak mengalami kenaikan dan penurunan yaitu pada komoditas beras dijual Rp13.500 per kilogram untuk kualitas premium, Rp12.000 per kilogram beras kualitas medium.

Kemudian tepung terigu Rp10.000 per kilogram, gula pasir Rp12.000 per kilogram dan minyak goreng kemasan Rp15.000 per liter.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Bukittinggi, Alizar memastikan kebutuhan bahan pokok bagi warga setempat aman.

Sebagai bukan daerah penghasil, pemkot berkoordinasi dengan daerah penghasil seperti Agam dan Solok untuk memenuhi kebutuhan di Bukittinggi serta Bulog jika memerlukan operasi pasar.

"Yang penting masyarakat melakukan pola konsumsi secara wajar, beli sesuai dengan yang dibutuhkan. Itu akan bantu menjaga harga stabil," ujarnya.

Menurut seorang pembeli, Nizar, harga cabai merah memang sudah lebih murah dibanding awal Ramadhan.

"Pagi ini saya beli harganya Rp28.000 satu kilogram. Takut mahal jadi langsung beli dua kilogram, karena dekat lebaran biasa naik," katanya. (*)