Padang Pariaman canangkan subsidi hafiz tunanetra

id Bupati Padang Pariaman,Ali Mukhni

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat, mencanangkan mensubsidi hafiz tunanetra di daerah itu guna memberikan dorongan kepada warga terutama yang memiliki keterbelakangan fisik agar mau menghafal Al Quran.

"Rencana ini telah saya sampaikan kepada anggota DPRD dan mereka merespon dengan baik," kata Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni di IV Koto Aur Malintang, Rabu.

Ia mengatakan anggaran untuk subsidi hafiz tersebut akan diusulkan pada APBD perubahaan 2018 sehingga tahun ini tunanetra yang hafal Al Quran dapat menerima uangnya.

Namun dirinya belum bisa memastikan besaran subsidi yang akan diberikan kepada hafiz tunanetra tersebut karena menunggu pembahasan di DPRD.

Ia menjelaskan diberikannya subsidi kepada hafiz tunanetra karena menurutnya orang yang hafal Al Quran merupakan manusia yang cerdas sebab dapat menghafalkan ayat-ayat dalam kitab suci Islam tersebut.

"Jadi tidak heran ada perguruan tinggi yang menerima mahasiswanya tanpa tes karena mahasiswa itu seorang hafiz," ujarnya.

Ide subsidi hafiz tersebut mengemuka saat kegiatan Safari Ramadhan ke sebuah mushala di Nagari Ambung Kapur, Kecamatan VII Koto pada Senin (21/5) yang nama pada acara itu menampilkan hafiz tunanetra.

Hafiz tersebut yaitu Khairul Rizki yang telah mengharumkan nama Kabupaten Padang Pariaman dengan menjadi pemenang pada MTQ tingkat provinsi beberapa waktu lalu.

"Sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah akan menghadiahkannya umrah," kata dia.

Ia mengatakan meskipun ada pihak yang akan menghadiahkan Khairul umrah namun menurutnya hal tersebut dapat dicarikan solusinya dengan cara salah satu hadiah tersebut dijadikan dana untuk modal usaha.

Sementara itu, Khairul Rizki mengatakan dirinya tidak begitu mempermasalahkan adanya rencana subsidi tersebut karena baginya perhatian dari sejumlah pihak sudah lebih dari cukup.

Ia menambahkan dirinya akan lebih giat lagi untuk menghafal Al Quran sehingga seluruh ayat di dalam kitab suci umat Islam tersebut bisa dihafalkannya.(*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar