Uang masuk banyak, nasabah Pegadaian banyak menebus barang jelang lebaran

id Ngadiman

Uang masuk banyak, nasabah Pegadaian banyak menebus barang jelang lebaran

Asisten Manajer Penjualan PT Pegadaian Area Padang, Ngadiman. (Antara Sumbar/Mario SN)

Banyaknya jenis barang yang bisa digadaikan membuat banyak masyarakat berminat dan menjadi nasabah pegadaian
Padang, (Antaranews Sumbar) - PT Pegadaian Persero Area Padang, Sumatera Barat menyatakan menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah sebagian besar nasabah banyak melakukan penebusan barang-barang yang mereka gadai di kantor tersebut.

"Biasanya para nasabah menebus barang menjelang lebaran seperti perhiasan emas, mobil dan sepeda motor yang mereka gadai di seluruh Kantor Cabang dan Unit Pegadaian di Sumatera Barat," kata Asisten Manajer Penjualan PT Pegadaian Area Padang, Ngadiman di Padang, Rabu.

Ia mengatakan banyaknya warga yang menebus barang karena barang tersebut akan digunakan ketika berlebaran seperti mobil dan motor yang digunakan untuk mudik atau mengunjungi kerabat mereka.

Banyaknya warga yang menebus barang gadai karena menjelang lebaran uang para nasabah meningkat seperti mendapat tunjangan hari raya, cairnya gaji 13 dan 14 bagi aparatur sipil negara, uang dari sanak saudara, dan uang yang terkumpul cukup untuk menebus barang gadai

Sementara nasabah akan banyak menggadaikan barang mereka dua minggu hingga satu bulan setelah lebaran karena meningkatnya kebutuhan hidup.

Ia mengatakan siklus tersebut tetap sama dari tahun ke tahun, menjelang lebaran nasabah banyak yang menebus barang mereka kemudian setelah Idul Fitri banyak nasabah yang akan menggadai barang.

"Banyaknya jenis barang yang bisa digadaikan membuat banyak masyarakat berminat dan menjadi nasabah pegadaian," kata dia.

Menurut dia barang yang bisa digadaikan bermacam-macam mulai dari barang elektronik, perhiasan emas, kendaraan. Minimal pinjaman yang dapat diberikan sebesar Rp50 ribu sesuai dengan nilai barang yang dijaminkan ke PT Pegadaian.

Ia mengatakan wilayah kerja PT Pegadaian Area Padang meliputi Wilayah Sumatera Barat dan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi yang terdiri dari tujuh Kantor Cabang PT Pegadaian dan 53 unit yang siap melayani seluruh nasabah di Sumatera Barat.

"Selain itu para nasabah juga dapat melakukan transaksi, mendapatkan informasi dari agen-agen PT Pegadaian di seluruh wilayah Sumatera Barat," kata dia. (*)