Sepak bola - Kiper Jerman Neuer siap bermain kembali ketika negaranya menghadapi Australia

id jerman

Sepak bola - Kiper Jerman Neuer siap bermain kembali ketika negaranya menghadapi Australia

Bendera Jerman. (id.wikipedia.org)

Pemenang Piala Dunia Neuer, yang telah menjadi kiper nomor satu Jerman selama lebih dari delapan tahun, tidak pernah memainkan satu pertandingan resmi pun sejak mengalami patah tulang kaki pada September namun Koepke mengatakan ia berada di jalur unt
Berlin, (Antaranews Sumbar) - Kiper Jerman Manuel Neuer siap bermain ketika pertandingan persahabatan melawan Austria pada Sabtu, setelah absen sembilan bulan karena cedera dan ia berpacu melawan waktu untuk Piala Dunia 2018 bulan depan, kata pelatih kiper Andreas Koepke pada Selasa.

Pemenang Piala Dunia Neuer, yang telah menjadi kiper nomor satu Jerman selama lebih dari delapan tahun, tidak pernah memainkan satu pertandingan resmi pun sejak mengalami patah tulang kaki pada September namun Koepke mengatakan ia berada di jalur untuk turnamen di Rusia.

"Itulah rencananya," kata Koepke kepada para pewarta di pemusatan latihan mereka di Eppan, Italia Utara.

"Sebagaimana beberapa hal yang terjadi sekarang, ia akan bermain pada Sabtu. Tidak ada yang menghalangi dan itu adalah pertandingan-pertandingan yang ia perlukan. (Pertandingan) internasional melawan Austria, di mana ia akan memiliki banyak hal untuk dilakukan."

Kapten Jerman berusia 32 tahun itu bermain selama 30 menit pada pertandingan latihan mereka melawan timnas Jerman U-20 pada Senin, dan akan kembali bermain selama 30 menit ketika kedua tim bertemu pada Rabu.

Tim juara dunia itu akan bertahan di Italia sampai 5 Juni, sehari setelah tenggat waktu untuk pengumuman skuad final berisi 23 pemain. Pelatih Joachim Loew membawa 27 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di mana empat pemain akan dicoret, termasuk satu dari empat kiper.

"Manuel memerlukan pertandingan-pertandingan seperti ini setelah cedera panjangnya untuk 100 persen bugar. Itu adalah kondisi dasar ketika ia datang kemari, bahwa ia harus menghantam beberapa blok," kata Koepke.

"Dari kekuatan lompatan menuju mobilitas tentu saja sama sekali tidak ada masalah."

"Dia seperti tidak pernah absen. Sekarang ini adalah mengenai membaca permainan, mendapatkan kepercayaan diri untuk memainkan bola dengan kaki. Ia berada di jalan yang kita semua bayangkan dan semuanya berjalan dengan baik."

Koepke juga memberi indikasi bahwa Neuer yang bugar akan menjadi pilihan pertama mereka untuk turnamen, mengungguli tiga kiper lainnya -- Kevin Trapp, Marc-Andre ter Stegen, dan Bernd Leno -- yang dipanggil Loew untuk masuk skuad pendahuluan.

"Marc memenangi Piala Konfederasi tahun lalu, menjalani musim super di Barcelona, dan ia tentu saja akan suka untuk bermain di Piala Dunia," kata Koepke.

"Namun mengenai Manuel, itu adalah situasi istimewa dan ia (Marc) dapat mengatasinya dengan sangat baik."

Jerman, yang juga menghadapi Arab Saudi di Leverkusen pada 8 Juni pada pertandingan pemanasan terakhir mereka, menghuni Grup F bersama Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko. Turnamen akbar itu akan dimulai pada 14 Juni 2018.(*)