Inilah targetkan kunjungan wisata Pesisir Selatan 2018

id Kawasan Mandeh Pesisir Selatan,Kunjungan Wisata Pesisir Selatan

Inilah targetkan kunjungan wisata Pesisir Selatan 2018

Salah satu panorama pantai di Pesisir Selatan. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pejabat Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan dengan semakin populernya objek wisata di daerah itu akan mampu menarik 3,5 juta wisatawan domestik dan mancanegara pada 2018.

"Seluruh objek wisata di Pesisir Selatan mempunyai daya tarik tersendiri namun saat ini yang paling dikenal ialah Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh dan juga Pantai Carocok Painan," kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, Firdaus di Painan, Selasa.

Kendati demikian, ia tidak menyangkal bahwa objek wisata lainnya juga akan menjadi magnet bagi wisatawan seperti Jembatan Akar yang melegenda, Rumah Gadang Mandeh Rubiah dan lainnya.

Pada 2016, 1,98 juta wisatawan domestik dan 1.700 wisatawan mancanegara berkunjung ke daerah itu. Selanjutnya mengalami peningkatan pada 2017 dengan jumlah kunjungan wisatawan domestik mencapai 2,3 juta, sementara wisatawan mancanegara masih 1.700.

"Dengan pelbagai upaya yang kami lakukan mulai dari pembenahan hingga promosi, kami yakin target tahun tersebut tercapai," sebutnya.

Kawasan Mandeh merupakan teluk yang dikelilingi pulau-pulau eksotis, beberapa pulau yang ada di lokasi ialah Pulau Cubadak, pulau ini memiliki kekayaan bawah laut yang melimpah sehingga aneka jenis terumbu karang dan biota laut sangat mudah ditemukan.

Selain itu arus lautnya juga tenang sehingga lokasi ini menjadi favorit para penyelam lokal dan dunia.

Selanjutnya juga ada Pulau Sironjong Ketek, selain juga memiliki kekayaan biota laut, di pulau ini wisatawan juga bisa mengadu adrenalin dengan melompat dari ketinggian lebih kurang 20 meter ke perairan.

Di lokasi terdapat tangga baja yang bisa digunakan wisatawan sebagai tempat melompat dan cukup aman dinaiki hingga puluhan orang.

Sementara Pantai Carocok Painan juga kaya akan biota laut, tidak hanya itu, di lokasi wisatawan juga bisa bertandang ke Pulau Batu Kareta yang merupakan pulau batu karang.

Selanjutnya wisatawan juga bisa mengunjungi Pulau Cingkuak, selain memiliki pasir putih dan pemandangan yang indah di pulau ini juga terdapat reruntuhan benteng Portugis yang menjadikannya semakin menarik. (*)