Padang Panjang peroleh tiga penghargaan

id Padang Panjang Terima Penghargaan,WTP

Padang Panjang peroleh tiga penghargaan

Penjabat Sementara Wali Kota Padang Panjang, Irwan ketika menerima opini WTP. (ANTARA SUMBAR/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), memperoleh tiga penghargaan tingkat nasional dalam satu pekan terakhir.

Penjabat Sementara Wali Kota Padang Panjang, Irwan di Padang Panjang, Senin, menyebutkan ketiga penghargaan tersebut yaitu Universal Health Coverage (UHC), pendampingan smart city dan opini Wajar tanpa pengecualian (WTP).

Penghargaan UHC diterima pada Rabu(23/5) di Istana Negara karena capaian kepesertaan warga di daerah itu dalam program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sudah mencapai 98,87 persen.

"Target dari pemerintah per 1 Januari 2019 kepesertaan sudah 100 persen. Karena capaian ini Padang Panjang peroleh penghargaan UHC," katanya.

Dalam pendampingan smart city, kota yang berada di jalur perlintasan itu termasuk satu dari 50 kota dan kabupaten pilihan pada 2018 yang akan didampingi dalam Program Nasional Gerakan Menuju 100 Smart City Nasional 2019.

Pendampingan tersebut telah ditetapkan oleh Kemenkominfo dan kemudian membuat kesepakatan bersama dengan pemkot untuk pelaksanaan tahapan pendampingan.

Program tersebut telah dimulai sejak 2017 di mana saat itu ditetapkan 25 daerah, lalu pada 2018 sebanyak 50 daerah dan pada 2019 sebanyak 25 daerah.

"Sasaran utama adalah memberi pendampingan bagi daerah menyusun rencana mewujudkan smart city yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah," katanya.

Penghargaan ketiga yaitu Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang menunjukkan keseriusan daerah dalam mematuhi aturan pengelolaan keuangan.

"Ketiga penghargaan tersebut berkat kinerja perangkat daerah dan ada dukungan dari masyarakat," katanya.

Ia mengingatkan pada perangkat daerah agar penghargaan itu menjadi motivasi agar lebih meningkatkan kinerja. (*)