Otomotif - Sean bawa timnya Pertamina Prema Theodore Racing ke peringkat lima besar balapan F2

id Sean gelael

Otomotif - Sean bawa timnya Pertamina Prema Theodore Racing ke peringkat lima besar balapan F2

Pebalap Indonesia Sean Gelael. (Foto Antara)

Berdasarkan data yang dihimpun media dari laman resmi Formula 2 di Jakarta, Minggu, dengan tambahan 18 poin yang diraih Sean Gelael, tim Prema mengumpulkan 75 poin atau sama dengan yang didapat Russian Times yang berada di peringkat empat
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Hasil bagus pembalap Indonesia Sean Gelael pada balapan feature di Sirkuit Monako, Monako, Jumat (25/5), berhasil membawa timnya Pertamina Prema Theodore Racing ke di peringkat lima klasemen sementara Formula 2 (F2).

Berdasarkan data yang dihimpun media dari laman resmi Formula 2 di Jakarta, Minggu, dengan tambahan 18 poin yang diraih Sean Gelael, tim Prema mengumpulkan 75 poin atau sama dengan yang didapat Russian Times yang berada di peringkat empat.

Klasemen sementara tim masih dikuasai tim Carlin yang mengoleksi 144 poin. Sementara posisi kedua ditempati tim ART Grand Prix dengan 111 poin, disusul tim DAMS dengan 93 poin.

"Di satu sisi, saya senang dengan hasil balapan feature. Ini menjadi pengalaman luar biasa bisa meraih podium di Monte Carlo. Namun, pada balapan sprint kami harus menelan kekecewaan. Akan tetapi, kami tahu kalau kami punya kecepatan mobil yang bagus saat balapan," kata Sean dalam keterangan resminya.

Balapan di Monaco berlangsung tidak mudah. Setelah meraih hasil fantastis podium kedua di feature race, tim Pertamina Prema Thedore Racing harus menerima kenyataan tidak mendapat poin pada balap sprint hari Sabtu (26/5).

Ketidakberuntungan tim sudah terjadi saat start dimulai. Mobil Nyck De Vries stall, sehingga harus ditarik ke area pit stop. Pebalap asal Belanda ini pun memulai balapan dengan posisi tertinggal satu putaran.

Sean Gelael memulai balapan dengan baik. Sean yang start dari posisi ketujuh tampil cukup percaya diri dengan modal podium kedua pada balapan sebelumnya. Sayangnya, Sean sedikit kehilangan kontrol mobilnya pada laps ketiga. Mobilnya menyentuh kerbs yang membuat melayang dan menabrak pembatas lintasan.

Sisa balapan tetap berlangsung dengan banyak drama dan insiden. Sampai balapan berakhir tercatat 10 pebalap yang tidak bisa menyelesaikan lomba karena terlibat insiden, termasuk pebalap muda binaan tim F1 Mercedes, George Russell. Pebalap asal Inggris ini kehilangan kendali mobilnya sebelum menabrak pembatas.

Balapan Sprint akhirnya dimenangkan pebalap tim Charouz Racing System, Antonio Fuoco. Pebalap Carlin Lando Norris finis kedua, namun harus turun satu tingkat karena mendapat penalti. Sementara rekan Fuoco, Louis Deletraz yang finis ketiga mendapat keuntungan naik satu tingkat ke posisi kedua.

"Balapan penuh drama. Kita mendapat hasil fantastis di balapan pertama, namun kurang beruntung di balapan kedua. Itulah balapan. Namun, hasil di Monako juga menunjukkan potensi kami. Sean yang memulai balapan dari posisi ke-12 bisa finis di posisi kedua di sirkuit jalan raya yang sulit ini," kata bos Prema, Rene Rosin dalam keterangan resminya.

Balapan F2 berikutnya akan berlangsung di sirkuit Le Castellet, Perancis, 22-24 Juni. Satu pekan berikutnya balapan satu level di bawah Formula 1 ini akan berlangsung di Sirkuit Spielberg, Austria.(*)