Wabup Tanah Datar ajak generasi muda membangun kampung halaman

id Zuldafri Darma,Generasi Muda Membangun Kampung

Wabup Tanah Datar ajak generasi muda membangun kampung halaman

Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Zuldafri Darma.

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Tanah Datar Sumatera Barat (Sumbar), Zuldafri Darma mengimbau seluruh generasi muda yang ada di daerah tersebut baik yang ada di rantau maupun di kampung halaman ikut bersama membangun kampung halaman.

"Rasa cinta terhadap kampung halaman harus terus dipelihara oleh generasi muda Minang sebagai tongkat estafet pembangunan di masa yang akan datang," katanya saat dihubungi dari Batusangkar, Minggu.

Ia menyebutkan kebiasaan orang Minang dalam hal merantau sudah berlangsung lama, hal tersebut dilandasi keinginan untuk menimba ilmu maupun untuk memperbaiki nasib di negeri orang.

Menurutnya keberadaan organisasi perantau tentu dibentuk tanpa memandang status ekonomi dan sosial anggotanya, akan tetapi dibentuk sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi sesama dan menggalang kepedulian terhadap pembangunan kampung halaman.

"Generasi muda harus meneladani sikap dan komitmen para tokoh dan senior yang telah bahu membahu membangun dan menjalankan organisasi perantau dengan baik," ujarnya.

Selanjutnya ia mengatakan upaya untuk membangun rasa kebersamaan serta komunikasi oleh generasi muda yang berasal dari berbagai latar belakang memang tidaklah mudah, akan tetapi kuncinya ada pada niat serta rasa gotong royong.

"Dengan solidnya oganisasi yang dibangun oleh generasi muda dengan generasi tua, maka segala persoalan yang terjadi baik di rantau maupun di kampung halaman akan dapat diselesaikan," katanya.

Sementara itu Ketua Ikatan Keluarga Perantau Turawan (IKPT) Jaya, Bambang Trismen mengatakan dengan adanya bulan Ramadhan maka dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ibadah serta sebagai momentum untuk mempererat ukhwah islamiyah antar sesama.

Oleh karena itu pihaknya sengaja menggelar kegiatan silaturahmi yang juga dibarengi dengan penggalangan dana berupa infak dan sedekah dari seluruh perantau yang nantinya akan dibagikan pada masyarakat di kampung halaman.

"Dana yang dikumpulkan hari ini akan kita kirimkan ke kampung halaman, sehingga dapat meringankan saudara-saudara kita dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri mendatang," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar