Pasaman Barat tebar benih ikan nila

id ikan

Pasaman Barat tebar benih ikan nila

ikan (pixabay.com) (/)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, melalui Dinas Perikanan menebarkan 15 ribu benih ikan nila di Sungai Batang Ranji Nagari Persiapan Ranah Sungai Magelang Kecamatan Gunung Tuleh.

"Benih ikan ini diberikan kepada kelompok lubuk larangan yang dilepas secara langsung ke Sungai Batang Ranji," kata Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat, Arial Effendi di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan, pemberian bibit ikan itu dalam rangka untuk meningkatkan ekonomi warga yang ada di sekitarnya.

"Ikan larangan ini dilepas secara berkala di momen-momen tertentu. Hasilnya sebagian diberikan untuk anak yatim dan membantu TPA yang ada di daerah itu," ujarnya.

Pihaknya terus berupaya meningkatkan produksi ikan di Pasaman Barat melalui penyediaan benih ikan di Balai Benih Ikan (BBI) di Suka Menanti Padang Tujuh.

Pihaknya menargetkan produksi ikan tawar dan laut di daerah itu pada 2018 sekitar 116. 220 ton.

Ia menyebutkan untuk budidaya ikan tawar pihaknya akan memberikan bantuan benih ikan tawar sebanyak 2 juta ekor yang akan diberikan kepada 300 kelompok budidaya ikan air tawar.

"Asumsinya akan menghasilkan produksi 180 ton. Artinya jika ditambah dengan produksi selama ini maka total produksi ikan tawar pada 2018 ini mencapai 6.720 ton," ujarnya.

Menurut dia, selain menyediakan benih ikan, pihaknya juga memberikan bantuan sarana prasarana pendukung seperti benih dan pakan serta peralatan lainnya.

Selain menaikkan produksi ikan air tawar, Dinas Perikanan juga membuat program perikanan tangkap laut dengan target produksi 109.500 ton.

"Jika ditambah dengan produksi ikan air tawar maka produksi ikan pada 2018 mencapai 116.220 ton per tahun," katanya. (*)