Semua nelayan di Bangka Tengah ditargetkan diasuransikan oleh Pemkab setempat

id nelayan

Semua nelayan di Bangka Tengah ditargetkan diasuransikan oleh Pemkab setempat

Nelayan (pixabay.com)

Kami targetkan hingga tahun 2021 semua nelayan di daerah ini sudah memiliki polis asuransi. Namun sekarang baru sekitar 1.114 nelayan yang sudah diasuransikan dari total jumlah 4.372 nelayan,
Koba, (Antaranews Sumbar) - Semua nelayan di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ditargetkan dapat diasuransikan Pemkab setempat untuk jaminan keselamatan kerja mereka.

"Kami targetkan hingga tahun 2021 semua nelayan di daerah ini sudah memiliki polis asuransi. Namun sekarang baru sekitar 1.114 nelayan yang sudah diasuransikan dari total jumlah 4.372 nelayan," kata Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Dedi Muchdiyat di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, program polis asuransi nelayan merupakan program dari kementerian terkait yang diteruskan ke seluruh daerah di Indonesia dan dilaksanakan secara bertahap.

"Ini tentu tidak bisa sekaligus tetapi dilakukan secara bertahap karena kuota dari kementerian terkait terbatas, namun tetap digulirkan setiap tahun," katanya.

Pihaknya terus berupaya mengusulkan jumlah nelayan yang berhak mendapatkan polis asuransi kepada pemerintah pusat sehingga pada akhirnya nanti semua nelayan sudah diasuransikan.

"Tentu nelayan yang mendapatkan polis asuransi ini berdasarkan data yang terus diperbarui untuk memastikan penerima asuransi itu benar-benar nelayan tetap, bukan nelayan musiman," katanya.

Ia mengatakan, program polis asuransi nelayan ini sangat bagus untuk membuat jiwa para nelayan lebih tenang menangkap ikan di laut sehingga bisa memperoleh hasil yang maksimal.

"Nelayan menjadi tenang dan merasa terlindungi serta diperhatikan oleh pemerintah dengan adanya polis asuransi nelayan ini," katanya.(*)