Sepak bola - Pelatih Sriwijaya FC akan rotasi pemainnya di ajang Piala Indonesia

id Sriwijaya FC

Sepak bola - Pelatih Sriwijaya FC akan rotasi pemainnya di ajang Piala Indonesia

Sriwijaya FC.

sebanyak 11 pemain yang diturunkan hanya diberikan kepada pemain yang memiliki kualitas terbaik dalam tim dan siap secara fisik dan mental pada hari pertandingan,
Palembang, (Antara) - Pelatih Sriwijaya Football Club (SFC) Palembang, Rahmad Darmawan menjanjikan akan merotasi para pemainnya di ajang perebutan Piala Indonesia untuk memberikan kesempatan pada beberapa pemain yang selama ini mengisi bangku cadangan pada pertandingan Liga 1 2018.

"Rencana saya di Piala Indonesia akan ada rotasi pemain," kata Rahmad di Palembang, Jumat, menjawab pertanyaan mengapa Sriwijaya FC cenderung memainkan pemain yang sama di setiap pertandingan Liga 1.

Menurut dia, sebanyak 11 pemain yang diturunkan hanya diberikan kepada pemain yang memiliki kualitas terbaik dalam tim dan siap secara fisik dan mental pada hari pertandingan.

"Bagi saya siapa pun berpeluang, entah dia pemain senior atau bukan. Seleksinya ada di latihan, dari sana saya bisa melihat siapa yang benar-benar siap," kata RD, sapaan akrabnya.

Ia tak menyangkal dengan target manajemen klub setidaknya finish di peringkat tiga besar pada akhir musim ini membuat harus lebih cermat dalam memilih pemain.

Sejumlah pemain dapat tampil konsisten di setiap pertandingan sehingga selalu diberikan kepercayaan, tapi ada juga beberapa pemain yang belum stabil karena masih dalam fase berkembang terutama pemain-pemain muda.

Oleh karena itu, dari 30 pemain yang ada dalam tim, hanya beberapa orang yang kerap menjadi pilihan utama. "Itulah rencana saya akan ada rotasi pemain nanti di Piala Indonesia, untuk memberikan kesempatan kepada pemain," kata Rahmad.

Sriwijaya FC akan kembali mengikuti turnamen Piala Indonesia setelah turnamen ini sempat vakum dengan terakhir digelar pada 2012. Sejauh ini tim asal Sumatera Selatan ini memiliki rekor baik di Piala Indonesia dengan meraih tiga gelar.

Yogi Rahadian, pemain SFC, mengaku senang jika nantinya RD akan merotasi pemain. Dirinya yang hingga kini belum mendapatkan kesempatan bertanding di Liga 1 berharap dapat unjuk kemampuan pada Piala Indonesia.

"Tentunya sebagai pemain saya senang sekali jika rencana rotasi pemain itu benar-benar direalisasikan," kata Yogi, mantan pemain Mitra Kukar ini.

Banyaknya pemain bintang yang memperkuat Sriwijaya FC pada musim ini membuat sejumlah pemain harus rela hanya sekadar mengisi bangku cadangan atau tidak masuk dalam line-up sama sekali.

Sebelas pemain yang kerap menjadi pilihan RD yakni untuk lini depan; Manuchehr Jalilov, Esteban Vizcarra, Alberto Goncalves dengan pemain pengganti Nur Iskandar dan Patrick Wanggai, sementara untuk lini tengah; Makan Konate, Adam Alis dan Zulfiandi dengan pemain pengganti Syarian Abimanyu dan Yu Kyun Koo.

Sedangkan untuk lini belakang; Markho Maraudje, Hamka Hamzah, Mohammadou Ndiaye, Alfin Tuasalamony dengan pemain penganti Novan Setia Sasongko dan Bio Paulin. Sedangkan untuk penjaga gawang dipercayakan kepada Teja Paku Alam dengan pemain penganti Dikri Yusron.(*)