210 calon haji Padang Panjang telah lunasi BPIH

id Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji ,Kemenag Padang Panjang,Ibadah Haji

210 calon haji Padang Panjang telah lunasi BPIH

Seorang calon haji Kabupaten Agam melambaikan tangan sebagai tanda berpamitan sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci, Jumat(28/7). (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 210 calon haji pemberangkatan tahun 2018 di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

"Pelunasan tahap II berakhir besok (25/5), tapi di sini semua jamaah yang masuk kuota haji tahun ini telah melunasi BPIH," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Padang Panjang, Syaiful Arifin di Padang Panjang, Kamis.

Pelunasan tahap pertama sebelumnya telah dilakukan pada April 2018 yang diperuntukan bagi warga yang belum pernah haji dan masuk kuota tahun 2018 berjumlah 143 orang.

Kemudian pelunasan tahap dua berlangsung dari 16 sampai 25 Mei 2018 diperuntukan bagi calon haji lanjut usia, calon haji dalam satu keluarga yang berpisah keberangkatan dan yang sudah pernah berhaji yang jumlahnya 11 orang.

Sementara sisanya adalah jamaah berasal dari Kabupaten Tanah Datar, Padang dan Padang Pariaman yang bergabung pemberangkatannya dengan jamaah dari Padang Panjang.

Usai Idul Fitri, jamaah akan mengikuti manasik haji dari Kemenag setempat yang direncanakan sebanyak 10 kali pertemuan.

"Sejak November 2017, calon haji sudah lebih dulu melaksanakan manasik secara mandiri lewat dua kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) yang ada di Padang Panjang," ujarnya.

Pemberangkatan calon haji daerah itu akan dilakukan pada 27 Juli 2018 tergabung dalam kloter 11 bersama jamaah calon haji dari Pariaman dan Padang.

Karena pelaksanaan ibadah semakin dekat ia mengingatkan jamaah calon haji menjaga kondisi kesehatan dengan memperhatikan asupan gizi dan olahraga ringan.

Terutama bagi calon haji yang memiliki riwayat penyakit agar melakukan kontrol kesehatan secara rutin ke fasilitas kesehatan.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama menginformasikan pemberangkatan jamaah calon haji Indonesia tahun 2018 mulai dilaksanakan pada 17 Juli dan dibagi dalam dua gelombang.

Gelombang pertama akan menuju Madinah pada 17 sampai 29 Juli dan gelombang kedua berangkat ke Jeddah mulai 30 Juli sampai 15 Agustus.

Sebagaimana pemberangkatan, fase kepulangan jamaah juga dilakukan dalam dua tahap. Pertama dilakukan dari Jeddah pada 27 Agustus sampai 8 September. Sementara gelombang ke dua dipulangkan dari Madinah di tanggal 9 sampai 26 September. (*)