Indonesia dan Peru sepakati untuk tingkatkan kerja sama bidang ekonomi

id retno Marsudi

Indonesia dan Peru sepakati untuk tingkatkan kerja sama bidang ekonomi

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. (Antara)

Dalam pertemuan itu, Menlu RI menyampaikan bahwa Peru merupakan pasar penting bagi Indonesia, dan kerja sama ekonomi kedua negara saat ini belum merefleksikan potensi yang ada,
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Peru, Néstor Francisco Popolizio Bardales, dan keduanya sepakati meningkatkan hubungan kerja sama bidang ekonomi antara kedua negara.

Pertemuan bilateral itu dilakukan di di Torre Tagle pada saat kunjungan Menlu RI ke Lima, ibukota Peru, seperti disampaikan dalam keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam pertemuan itu, Menlu RI menyampaikan bahwa Peru merupakan pasar penting bagi Indonesia, dan kerja sama ekonomi kedua negara saat ini belum merefleksikan potensi yang ada.

Peru merupakan mitra dagang ke-4 terbesar bagi Indonesia di kawasan Amerika Selatan. Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Peru pada 2017 mencapai peningkatan sebesar 5,3 persen dari tahun 2016.

Untuk meningkatkan kerja sama perdagangan, kedua Menlu sepakat mengenai pentingnya perjanjian perdagangan antara kedua negara.

Terkait hal itu, Pemerintah Indonesia mengusulkan kiranya pembuatan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (Comprehensive Economic Partnership Agreement/CEPA) Antara Indonesia dan Peru dilakukan secara bertahap, dimulai dengan "Trade in Goods Agreement" (TIGA).

Selain itu, Menlu RI menyampaikan pentingnya untuk bekerja lebih keras meningkatkan interaksi antara pengusaha dan melakukan diversifikasi produk dalam perdagangan kedua negara.

Untuk itu, Menlu Retno mengundang pengusaha Peru untuk hadir di Trade Expo Indonesia (TEI) pada Oktober 2018 dan menyampaikan rencana keikutsertaan Indonesia pada acara "Expoalimentaria and Mistura Food Festival" di Peru tahun ini.(*)