KPU: 549.441 surat suara pilkada Padang 2018 selesai dicetak

id Mahyudin

KPU: 549.441 surat suara pilkada Padang 2018 selesai dicetak

Koordinator Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Padang, Mahyudin. (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Kalau ada yang tidak layak pakai maka KPU akan meminta percetakan untuk menambah, begitu juga sebaliknya kalau terdapat kelebihan cetak, maka akan dimusnahkan
Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 549.441 surat suara untuk pilkada Padang, Sumatera Barat 2018 selesai dicetak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota setempat.

"Surat suara tersebut telah ada di kantor KPU dan segera dilakukan pelipatan," kata Koordinator Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Padang, Mahyudin di Padang, Kamis.

Pihaknya akan memberdayakan masyarakat sekitar kantor KPU Padang untuk proses sortir dan melipat surat suara tersebut sehingga diketahui apakah ada surat suara yang tidak layak pakai.

"Kalau ada yang tidak layak pakai maka KPU akan meminta percetakan untuk menambah, begitu juga sebaliknya kalau terdapat kelebihan cetak, maka akan dimusnahkan," ujarnya.

Jumlah surat suara yang dicetak itu, sebutnya berdasarkan jumlah data pemilih tetap (DPT) yang sudah diputuskan KPU beberapa waktu lalu sebanyak 535.265 lembar ditambah 2,5 persen dari jumlah tersebut atau 14.176 lembar.

Surat suara tersebut nantinya akan didistribusikan di 11 kecamatan terdiri atas 104 kelurahan meliputi 1.600 tempat pemungutan suara, yang direncanakan sekitar 19 Juni 2018.

Untuk logistik lain seperti tinta, hologram, sampul, formulir dan lainnya, katanya masih dalam proses. “Kemungkinan dalam dua atau tiga hari kedepan sudah sampai di KPU Padang,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya KPU Padang juga menyiapkan logistik lainnya seperti kotak suara dan bilik suara yang berbahan dasar alumunium.

Jumlah kotak suara yang dibutuhkan untuk pilkada 2018 sebanyak jumlah TPS. Sementara untuk bilik suara mencapai 3.200 unit.

Untuk bilik suara, KPU Padang masih kurang sekitar 1.300 unit lagi, kami akan meminjam kekurangan tersebut ke daerah tetangga yang tidak melaksanakan pilkada.

"Pada hari terakhir kampanye atau tanggal 23 Juni, seluruh logistik sudah sampai di seluruh TPS," tambahnya.

Pilkada Padang 2018 diikuti oleh dua kandidat, yakni Emzalmi berpasangan dengan Desri Ayunda nomor urut satu dan Mahyeldi Ansharullah-Hendri Septa nomor urut dua dan pemungutan suara akan dilakukan pada 27 Juni 2018. (*)