Sejumlah petani di Mukomuko dapat pelatihan budi daya bawang merah

id petani bawang

Petani panen bawang merah. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

 Para petani yang tergabung dalam lima kelompok itu menerima bantuan program pengembangan bawang merah dari pemprov setempat tentang cara membudidayakan tanaman yang baik dan benar
Mukomuko, (Antaranews Sumbar) - Sejumlah petani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Benkulu, mendapat pelatihan budi daya bawang merah yang diselenggarakan Dinas Pertanian setempat.

Para petani yang tergabung dalam lima kelompok itu menerima bantuan program pengembangan bawang merah dari pemprov setempat tentang cara membudidayakan tanaman yang baik dan benar.

"Lima kelompok tani ini belum pernah membudidayakan bawang merah sehingga mereka butuh pelatihan tentang budi daya bawang merah dengan baik dan benar," kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat di Mukomuko, Kamis.

Sebanyak lima kelompok tani di daerah itu tahun ini akan menerima bantuan program pengembangan bawang merah di lahan seluas 20 hektare dari pemerintah provinsi setempat.

Selama ini lima kelompok tani yang akan menerima bantuan program pengembangan bawang merah belum pernah membudidayakan bawang merah di lahan pertaniannya.

Menurutnya, mereka ini perlu mendapatkan pelatihan guna menambah pengetahuannya tentang cara membudidayakan bawang merah dengan baik dan benar.

Ia menyatakan instansinya tidak mau program pengembangan bawang merah gagal karena ketidaktahuan mereka dalam membudidayakan bawang merah.

Ia menambahkan instansi akan melibatkan salah satu kelompok tani di Kecamatan Teramang Jaya yang berhasil mengembangkan bawang merah untuk memberikan pelatihan terhadap lima kelompok tani ini.

Selain itu, beberapa orang penyuluh pertanian lapangan (PPL) di daerah itu akan mendampingi mereka dalam menjalankan program pengembangan bawang merah.(*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar