Gerbang Carocok ditargetkan selesai sebelum Lebaran

id Pantai Carocok,Gerbang Pantai Carocok,Hendrajoni

Gerbang Carocok ditargetkan selesai sebelum Lebaran

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dan rombongan saat meninjau pengerjaan gerbang Objek Wisata Pantai Carocok Painan. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menargetkan gerbang objek wisata Pantai Carocok Painan yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan tuntas sebelum Lebaran 2018.

"Pengerjaannya sudah mencapai 75 persen dan saya menginginkan tuntas menjelang masuknya Lebaran karena waktu itu merupakan momentum ribuan wisatawan mengunjungi Pantai Carocok Painan," kata bupati usai meninjau pengerjaan gerbang tersebut, Rabu.

Dengan tidak selesainya pengerjaan gerbang itu maka akan berdampak kurang baik terhadap dunia kepariwisataan setempat, ujarnya.

"Baik di media massa ataupun secara langsung kami terus mempromosikan keindahan alam Pesisir Selatan dan akan miris jika gerbang objek wisata Pantai Carocok Painan tidak selesai saat ribuan wisatawan berkunjung," ungkapnya.

Ia menyebutkan pembangunan gerbang, selain untuk memperindah Pantai Carocok Painan juga bertujuan untuk membuat jalur khusus menuju objek wisata karena saat ini banyak jalur yang bisa dilewati untuk ke sana.

Berikutnya juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui penjualan karcis masuk.

"Sesuai rencana penjualan karcis akan dilakukan di lokasi gerbang. Dan di lokasi akan ada kamera pengawas untuk meminimalkan oknum petugas "bermain" dengan uang penjualan karcis," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga setempat, Mawardi Roska, menyebutkan selain membangun gerbang masuk, tahun ini juga akan dibangun taman dengan anggaran Rp1,2 miliar di objek wisata Pantai Carocok Painan.

Objek wisata Pantai Carocok Painan merupakan lokasi andalan dalam pemenuhan Pendapatan Asli Daerah sektor pariwisata di daerah setempat.

Pada 2017 tercatat sekitar Rp1,1 miliar uang retribusi yang didapatkan dari kunjungan wisatawan ke sana.

Sepanjang tahun itu juga tercatat sekitar satu juta lebih wisatawan baik dalam maupun luar negeri berkunjung ke lokasi tersebut. Namun tidak semua yang masuk ke objek wisata sehingga tidak berdampak signifikan terhadap penjualan tiket masuk. (*)