Agam tambah truk sampah-skylift

id Truk Sampah,Sampah di Agam

Agam tambah truk sampah-skylift

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam, Hamdi sedang melihat dua unit mobil truk sampah yang parkir di areal halaman kantor itu, Rabu (23/5). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menambah tiga unit truk sampah dan satu truk skylift dengan dana Rp1,3 miliar pada 2018, dalam mempermudah untuk membuang sampah dan perbaikan lampu jalan yang rusak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam, Hamdi di Lubukbasung, Rabu, mengatakan dua unit truk sampah bak rendah dengan dana Rp350 juta. Sedangkan satu truk sampah bak tinggi dan truk skylift dengan dana Rp1 miliar.

"Pengadaan keempat mobil ini dengan sitem e-katalog dan dana Rp1,3 miliar ini berasal dari dana alokasi khusus (DAK) pada 2018," katanya.

Pengadaan mobil ini sudah selesai dan keempat mobil tersebut sudah berada di kantor Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Dengan penambahan tiga truk sampah itu, katanya, maka jumlah mobil truk sampah di daerah itu menjadi 11 unit, kontainer 50 unit dan becak sampah enam unit.

Sedangkan mobil truk skylift atau mobil untuk menunjang petugas dalam memperbaiki lampu dan membersihkan ranting pohon ini merupakan satu-satunya di Agam.

"Selama ini kita tidak memiliki mobil truk skylift. Untuk memperbaiki lampu jalan hanya menggunakan tanga atau mobil truk sampah," katanya.

Ia menambahkan, potensi sampah di daerah itu sekitar 1.094,1 ton per hari dari penduduk 480.722 jiwa.

Potensi ini tersebar di 16 kecamatan dan dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA) di Sungai Jariang dan TPA regional Kota Payakumbuh.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Membangun Bersama Membela Bangsa (LSM MBMB) Agam, Lukman, mendukung pengadaan mobil truk sampah dan skylift karena sangat dibutuhkan untuk membawa sampah dan perbaikan lampu jalan.

Dengan penambahan mobil ini, pihaknya berharap kinerja petugas kebersihan daerah itu semakin baik agar Agam meraih piala Adipura.

"Ini harus dilakukan sehingga Agam bisa meraih piala Adipura akan tercapai nantinya," katanya. (*)