Warga Kampung Sudut butuh drainase

id drainase,pasaman

Warga Kampung Sudut butuh drainase

Salah satu halaman rumah warga di perumahan Kampung Sudut digenangi air setiap hujan karena tidak adanya drainase di dekat jalan rabat beton yang baru dibangun. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Warga perumahan Kampung Sudut, Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) membutuhkan pembangunan drainase.

"Benar, drainase di sepanjang jalan menuju perumahan hingga saat ini belum ada. Akibatnya setiap hujan halaman rumah warga dan jalan digenangi air atau banjir," kata salah seorang warga, Ed di Simpang Empat, Selasa.

Menurutnya masyarakat sangat kesulitan jika hujan sudah datang dengan tempo yang sedikit lama. Halaman rumah akan banjir dan jalan masuk menuju perumahan digenangi air sampai ketinggian setengah meter atau lebih.

"Kami sangat mengharapkan adanya pembangunan drainase di areal perumahan ini," katanya.

Warga lainnya, Al Sutan Pamenan membenarkan setiap hujan maka halaman rumah warga selalu kebanjiran.

"Halaman rumah warga selalu banjir dan jalan menuju perumahan digenangi air sehingga kendaraan sulit melintasi jalan tersebut," katanya.

Menurutnya, instansi terkait harus memperhatikan persoalan drainase ini. Jika dibiarkan terus maka masyarakat akan semakin kesulitan.

Ia mengakui, memang pada tahun yang lalu ada pembangunan jalan rabat beton di areal perumahan itu. Namun, tidak diiringi dengan pembangunan drainase.

"Dengan lokasi jalan yang sudah bagus dan tinggi maka air setiap hujan akan langsung ke pekarangan rumah warga. Akubatnya halaman rumah warga selalu digenangi air," ujarnya.

Ia berharap kedepannya ada pembangunan drainase sehingga jika hujan air tidak menggenangi rumah warga.

"Apalagi perumahan Kampung Sudut ini tidak berapa jauh dari kantor bupati. Hanya berjarak 200 meter. Mengapa ini tidak menjadi perhatian," tegasnya.

Sementara itu, jajaran Dinas Perumahan dan Pemukiman Pasaman Barat belum dapat dikonfirmasi terkait persoalan drainase tersebut. (*)