Uang senilai Rp4,7 triliun disiapkan BI untuk Ramadhan dan Lebaran di Riau

id uang

Petugas menghitung uang rupiah. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Untuk keperluan uang, kami siapkan Rp4,7 triliun sehingga kebutuhan uang pada Ramadhan dan Idul Fitri meskipun ada libur panjang sekitar 10 hari, semoga bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,
Pekanbaru, (Antaranews Sumbar) - Uang senilai Rp4,7 triliun disiapkan Bank Indonesia (BI) untuk persediaan memenuhi permintaan dana tunai masyarakat ketika Ramadhan hingga Idul Fitri 1439 Hijriah di Provinsi Riau.

"Untuk keperluan uang, kami siapkan Rp4,7 triliun sehingga kebutuhan uang pada Ramadhan dan Idul Fitri meskipun ada libur panjang sekitar 10 hari, semoga bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat" kata Kepala BI Perwakilan Riau, Siti Astiyah di Pekanbaru, Selasa.

Ia menambahkan penyediaan persediaan uang kartal pada tahun ini meningkat ketimbang 2017 yang mencapai Rp4,2 triliun. Kenaikan tersebut mencapai sekitar 11,9 persen.

Seperti tahun sebelumnya, BI juga akan menggelar penukaran uang bersama sekitar 30 bank swasta dan nasional yang ada di Kota Pekanbaru. Hanya saja lokasi penukaran uang pada tahun ini tidak lagi di halaman Gedung BI Riau, melainkan akan berlangsung di pelataran Masjid Raya Annur.

Penukaran uang akan dimulai pasa tanggal 30-31 Mei dan 4-6 Juni 2018. Namun pada tanggal 1 Juni atau hari Jumat tidak ada aktivitas penukaran untuk menghormati pelaksanaan ibadah Shalat Jumat.

"Jadi total penukaran uang selama lima hari kerja," ujarnya.

Penukaran uang berlangsung pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Warga yang ingin menukar uang diwajibkan menggunakan nomor antrean yang dibagikan oleh panitia.

"Uang yang disediakan adalah uang kertas mulai pecahan Rp1.000 sampai dengan Rp20 ribu," tambahnya.(*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar