Wall Street menguat didukung berkurangnya ketegangan perdagangan AS-Tiongkok

id Wall Street

Wall Street menguat didukung berkurangnya ketegangan perdagangan AS-Tiongkok

Wall Street. (Reuters)

New York, (Antaranews Sumbar) - Saham-saham di Wall Street ditutup lebih tinggi pada perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena berkurangnya ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tingkok memicu optimisme di pasar.

Indeks Dow naik 1,21 persen menjadi berakhir di 25.013,29 poin, indeks S&P 500 bertambah 0,74 persen menjadi ditutup di 2.733,01 poin, sementara indeks Komposit Nasdaq berakhir meningkat 0,54 persen menjadi 7.394,04 poin.

Tiongkok dan Amerika Serikat mengeluarkan pernyataan bersama pada akhir pekan lalu, berjanji untuk tidak meluncurkan perang dagang terhadap satu sama lain.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada Minggu (20/5) bahwa Amerika Serikat dan Tiongkok telah mencapai kesepakatan tentang kerangka "sangat penting" mengenai hubungan ekonomi dan perdagangan mereka, dan kedua belah pihak telah sepakat untuk menunda kemungkinan perang dagang.

Dia menambahkan bahwa kedua pihak akan melanjutkan komunikasi mereka tentang masalah-masalah perdagangan.

Para analis mencatat bahwa berkurangnya ketegangan perdagangan Amerika Serikat dan Tiongkok kemungkinan akan membantu saham-saham produsen chip terbesar.

Sementara itu, dolar yang kuat merupakan hambatan pasar saham dan dapat menimbulkan ancaman bagi pertumbuhan laba emiten, kata para ahli.

Di sisi ekonomi, didorong oleh perbaikan dalam indikator-indikator terkait produksi, Indeks Kegiatan Nasional Fed Chicago naik dari 0,32 pada Maret menjadi 0,34 pada April, mengalahkan konsensus pasar. (*)