Rektor UNP Nilai Perhatian Presiden Tinggi Terhadap Pendidikan Sumbar

id rektor UNP

Rektor UNP Nilai Perhatian Presiden Tinggi Terhadap Pendidikan Sumbar

Rektor UNP Prof Ganefri. (cc) (cc/)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri menilai perhatian Presiden RI Joko Widodo tinggi terhadap dunia pendidikan di Sumatera Barat, salah satunya contohnya dengan meresmikan pemondokan Pesantren Modern Buya Hamka di Kota Padang, Senin (21/5).

"Perhatian presiden saat ini tertuju pada pengembangan sumber daya manusia, salah satunya yakni memperbaiki dunia pendidikan," kata dia di Padang, Minggu.

Menurut dia pada 2017 program-program presiden lebih fokus pada pembangunan infrastruktur di seluruh daerah, sementara pada 2018 ini fokus pada pengembangan sumber daya manusia, salah satu dengan meningkatkan pendidikan.

Salah satu pengembangan pendidikan yang ingin dicapai adalah pengembangan pendidikan vokasi, yaitu pendidikan yang bertujaun mempersiapkan mahasiswa untuk langsung bekerja dengan berbagai keterampilan yang dimiliki.

"Sebagai negara berkembang, kita memang membutuhkan tenaga yang memiliki keterampilan level menangah ke atas," kata dia.

Selain itu perhatian pada bidang sumber daya manusia tersebut juga dalam upaya menyambut bonus demografi yang akan diterima oleh Indonesia pada 2030.

Pada saat itu sekitar 70 persen jumlah penduduk Indonesia dalam usia produktif dan sisanya 30 persen adalah orang dengan usia non-produktif.

Menurut dia UNP dalam mengahadapi hal tersebut telah menyiapkan program studi vokasi. Saat ini ada sebanyak 18 program studi.

"Kita targetkan jumlah program studi vokasi kita semakin banyak pada 2019 nanti sebagai persiapan menyambut bonus demografi," kata dia.*