Persediaan elpiji di Agam Aman Selama Ramadhan

id elpiji

Persediaan elpiji di Agam Aman Selama Ramadhan

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam, Nelfia Fauzana.Antara Sumbar/ Yusrizal.



Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Persediaan gas elpiji tiga kilogram di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, aman selama Ramadhan 1439 Hijriah, sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan gas tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam, Nelfia Fauzana di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan, persediaan LPG tiga kilogram tersedia di 213 unit pangkalan.

"Ini berdasarkan hasil monitoring yang kita lakukan sebelum Ramadhan," katanya.

Ia mengatakan, kuota LPG tiga kilogram di daerah itu pada 2018 berjumlah 8.979 metrik ton atau 2.959.666 tabung.

Apabila kuota habis saat Ramadan, pihaknya akan menyurati PT Pertamina untuk menambah kuota ke daerah itu atau melakukan operasi pasar.

Operasi pasar itu, tambahnya, akan dilakukan apabila ada keluhan dari masyarakat terkait langkahnya LPG dan mahalnya harga LPG tersebut.

"Ini berdasarkan hasil koordinasi saya dengan pihak Pertamina. Mereka akan melakukan operasi pasar apabila ada keluhan dari masyarakat," katanya.

Saat ini, harga jual LPG tiga kilogram untuk ditingkat pangkalan dengan harga Rp18.000.

Ini sesuai dengan HET dari Gubernur Sumbar sekitar Rp18.000 pe rtabung.

Anggota DPRD Agam, Fauzi berharap dinas terkait untuk melakukan berbagai upaya agar LPG tidak langkah dan naik di daerah itu.

Dengan cara itu, masyarakat tidak kesulitan mendapatkan LPG karena permintaan cukup tinggi selama Ramadhan.

"Jangan sampai LPG hilang dan harga naik di Agam," katanya..

Ket foto