Kasad tuntut prajurit TNI profesional jalankan tugas

id KASAD

Kasad tuntut prajurit TNI profesional jalankan tugas

Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Mulyono saat mengunjungi Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (18/5). (ANTARA SUMBAR/Mario S Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menuntut prajurit TNI agar profesional dalam melaksanakan tugas dan memberikan kemampuan terbaik mereka dalam melaksanakan perintah.

"Negara telah memberikan tiga kebutuhan kepada prajurit yakni mempersenjatai, melatih dan menjamin kesejahteraan mereka dengan baik, sehinggga dalam menjalankan tugas seluruh prajurit diharapkan selalu profesional," kata dia saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Korem 032 Wirabraja di Padang, Jumat.

Ia tidak ingin mendengar ada prajurit TNI AD yang terlibat narkoba dan tindakan kriminal lainnya. Setiap prajurit seharusnya terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan mereka baik secara fisik maupun kemampuan teknis.

Menurut dia adanya prajurit yang melakukan pelanggaran adalah karena tidak disipilin dan lengah dengan lingkungan mereka sendiri. Prajurit jangan hanya disiplin ketika berada di depan pimpinan akan tetapi kedisiplinan harus dilakukan di mana saja baik ada pimpinan atau tidak.

Kelengahan yang dilakukan oleh prajurit adalah mengontrakkan rumah dinas mereka kepada pihak di luar TNI sehingga banyak terjadi pelanggaran di asrama seperti tindak peredaran narkoba dan tindakan kriminal lainnya.

Pihaknya akan berupaya memperbaiki hal ini karena banyak kejadian yang awalnya terjadi karena rumah prajurit dijadikan tempat berlindung bagi pengedar narkoba dan pelaku kriminal lainnya yang tinggal di asrama.

"Kami akan bersihkan semua, rumah dinas hanya diperuntukkan bagi prajurit, purnawirawan dan istrinya saja. Rumah dinas itu harus dipergunakan sesuai dengan peruntukkannya," kata dia.

"Angkatan darat merupakan institusi yang dipercaya oleh rakyat, NKRI tetap utuh karena TNI AD masih tegak berdiri. Apapun pangkat dan jabatanmu, sekescil apapun pangkatmu tugas kalian sangat mulia," kata dia.

Ia mengatakan Kasad bukan manusia yang hebat namun kalian para prajurit hebat karena bekerja langsung di lapangan terutama para Babinsa. Ia meminta par Babinsa tampil di depan rakyat harus tampil rapi dengan cara berpenampilan rapi, cukuran rapi dan tampilan yang gagah.

"Babinsa ini sangat saya perhatikan pangkatnya, mereka cukup sebulan saja menempuh pendidikan dan kemudian dilantik untuk menjadi bintara. Babinsa yang umurnya telah melewati 40 puluhan yang diprioritaskan," kata dia. (*)