Ini peringatan Bupati Tanah Datar terhadap ASN terlibat penyakit masyarakat

id Irdinansyah Tarmizi

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (Antara)

Sebagai pimpinan kita bisa memaafkan kesalahan yang telah mereka perbuat, akan tetapi aturan harus tetap ditaati
Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) Irdinansyah Tarmizi mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu untuk tidak terlibat dengan segala bentuk penyakit masyarakat.

"Jangan sampai ada ASN yang bertugas di wilayah Tanah Datar terlibat dengan penyakit masyarakat, seperti judi, minum-minuman keras apalagi narkoba," katanya di Batusangkar, Rabu.

Ia menyebutkan jika nanti ada oknum ASN yang tertangkap maka yang bersangkutan akan diproses sebagaimana aturan yang berlaku serta akan dilakukan peninjauan ulang terhadap statusnya sebagai ASN.

Menurutnya hal tersebut harus menjadi perhatian bagi seluruh ASN, sebab selain merugikan perbuatan tersebut juga tidak sesuai dengan falsafah adat basandi syarak dan syarak basandi kitabulllah yang secara umum dipahami oleh masyarakat Minangkabau.

Hingga saat ini ia menyebutkan sudah ada beberapa oknum ASN yang telah diberhentikan karena terbukti telah melanggar hukum, bahkan ada yang SK pensiunnya sudah diterbitkan, akan tetapi karena terbukti melanggar hukum maka SK tersebut kembali ditinjau ulang.

"Sebagai pimpinan kita bisa memaafkan kesalahan yang telah mereka perbuat, akan tetapi aturan harus tetap ditaati," ujarnya.

Selain itu apabila ada oknum ASN yang terbukti telah melanggar hukum maka ia meminta aparat penegak hukum agar memproses oknum tersebut sebagaimana aturan yang ada.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar, M Fatria mengatakan kasus yang paling banyak masuk di Tanah Datar adalah masalah yang berhubungan dengan narkoba dan asusila.

Menurut dia, hal ini hendaknya menjadi perhatian dari seluruh pihak, tidak hanya pemerintah maupun aparat penegak hukum, akan tetapi juga masyarakat itu sendiri.

"Selama Ramadhan nanti kita mengharapkan agar tokoh agama juga dapat membantu mengingatkan masyarakat terkait masalah asusila dan narkoba tersebut," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar