Hendrajoni resmikan pasar Koto Berapak (video)

id Hendrajoni,pasar Koto Berapak

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menggunting pita peresmian pasar semi modern Koto Berapak. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meresmikan pasar semi modern Koto Berapak, Kecamatan Bayang, yang merupakan satu dari empat pasar semi modern yang dibangun di daerah itu pada 2017, Selasa.

"Saya berharap pasar ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dan masyarakat mesti merawat sarana dan prasarananya agar bisa dimanfaatkan untuk masa yang akan datang," katanya usai peresmian.

Ia menambahkan pasar semi modern menjadikan pembeli dan penjual lebih nyaman karena dengan pembangunan yang menyeluruh memastikan tidak ada lagi becek, bau tidak sedap serta kondisi lainnya yang membuat suasana tidak nyaman.

"Yang membedakan pasar semi modern dengan pasar modern hanyalah mengenai transaksi, jika di pasar semi modern masih ada tawar menawar sementara di pasar modern itu tidak ada lagi, namun jika mengenai kondisi gedung hampir mendekati," katanya lagi.

Menurutnya, pasar semi modern Koto Berapak dibangun di lahan 1,8 hektare dengan anggaran Rp2,7 miliar.

Kendati demikian ungkapnya, masih terdapat beberapa hal yang mesti dilengkapi seperti lampu, jalan lingkar, kios pedagang ikan dan lainnya.

"Kami akan mengupayakan pemenuhan kekurangan itu melalui anggaran perubahan tahun ini, sehingga pasar semi modern Koto Berapak bisa dimanfaatkan secara utuh oleh masyarakat," ujarnya.

Setelah peresmian pasar, pihaknya berpesan agar pasar segera difungsikan dengan merelokasi pedagang-pedagang yang ada di pasar yang lama dan juga pedagang-pedagang di pasar sore pada daerah setempat.

Sementara itu, Ketua KAN Bayang, Dasrianto Putra mengucapkan terima kasih kepada pejabat pemerintah kabupaten karena pasar tersebut telah lama diancang-ancang pembangunannya.

"Kami telah lama menunggu pembangunan pasar ini bahkan tanah untuk pendiriannya telah kami siapkan semenjak 2014 dan kami bersyukur keinginan kami akhirnya terpenuhi," katanya lagi.

Selain pasar semi modern Koto Berapak, pada 2017 pemerintah kabupaten setempat juga membangun tiga pasar lainnya, diantaranya Pasar Kambang, Tapan dan juga Painan. Khusus Pasar Painan langsung digunakan sementara Pasar Tapan merupakan proyek tahun jamak. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar