Puluhan mualaf di Dharmasraya ikuti pembinaan Baznas

id Mualaf,Baznas Dharmasraya

Para mualaf berdoa seusai mengikuti kegiatan pembinaan Baznas Dharmasraya, di Mushala At-Tauhid, Senin (14/5). (ANTARA SUMBAR/Ilka Saputra)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Sekitar 60 mualaf di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti kegiatan pembinaan dan bimbingan yang dilaksanakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), di Mushala At-Tauhid, Pulau Punjung.

Ketua Baznas Dharmasraya, A Gani melalui Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Ridwan Syarif, di Pulau Punjung, Senin, mengatakan pembinaan dilakukan agar para mualaf yang sudah memeluk Agama Islam dapat melakukan ibadah dengan baik dan benar.

"Kita harapkan juga mengetahui ajaran Islam secara menyeluruh, sehingga keimanannya semakin kuat dan tidak mudah terpengaruh terhadap hal-hal yang tidak baik," ujarnya.

Ia menyebutkan mualaf yang mengikuti bimbingan tersebar dari 11 kecamatan di daerah itu, peserta terbanyak berasal dari Kecamatan Timpeh sebanyak 16 orang.

Ia menyebutkan pembinaan akan dilakukan secara berkelanjutan bekerja sama dengan para da'i yang telah dibentuk di setiap nagari (desa adat).

Para da'i itu, kata dia bertugas untuk memantau kemajuan pemahaman keagamaan para mualaf apakah mengalami perkembangan atau tidak.

"Nanti dipantau oleh da'i yang sudah dibentuk di Baznas, misalnya akan dilihat bagaimana perkembangan sholat mereka, kalau masih kurang akan ditingkatkan melalui bimbingan," katanya.

Pada kesempatan itu selain diberikan pembinaan, tambah dia mualaf juga diberikan bantuan berupa perangkat sholat, Al Qur'an, buku bacaan tentang islam, dan uang transportasi.

Sementara itu, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan berharap melalui kegiatan itu para mu'allaf dapat memaham ajaran Islam secara kaaffah atau menyeluruh.

Bupati berpesan kepada mualaf agar memanfaatkan kegiatan tersebut dengan baik, dan teruslah belajar tentang islam sehingga memiliki bekal ilmu dan wawasan yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar