Pemkot Pariaman dorong penerima PKH buka usaha mandiri (Video)

id PKH

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman memberikan arahan terkait sosialisasi Program Keluarga Harapan 2018. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Tujuan hakiki dari PKH adalah mengentaskan kemiskinan, apabila ada masyarakat yang bisa mandiri dalam membuka usaha baru maka hal itu perlu dicontoh
Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat mendorong masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI agar bisa membuka lapangan usaha secara mandiri.

"Tujuan utama pemerintah pusat dalam menyalurkan bantuan adalah mengurangi angka kemiskinan, namun masyarakat juga diharapkan bisa membuka berbagai usaha agar tidak terus bergantung pada PKH," kata Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman di Pariaman, Senin, usai melaksanakan kegiatan sosialisasi PKH 2018.

Sebagai contoh kata dia, masyarakat penerima PKH bisa membuka usaha makanan ringan atau membuat kerajinan tangan sehingga bisa mengurangi angka kemiskinan.

Ia mengatakan setiap keluarga penerima manfaat diharapkan tidak selalu bergantung kepada bantuan yang diberikan secara berkala oleh pemerintah.

Beberapa waktu lalu Kementerian Sosial RI memberikan penghargaan kepada lima orang keluarga penerima manfaat di Bengkulu karena berhasil membuka usaha secara mandiri, ujar dia.

"Penghargaan yang diberikan kementerian tersebut merupakan contoh dan bukti bahwa keluarga penerima manfaat bisa mandiri dalam membuka lapangan usaha," ujar dia.

Khusus di Kota Pariaman terdapat 2.500 keluarga penerima manfaat yang tercatat sebagai peserta PKH pada 2018. Pihaknya berharap minimal 10 orang bisa membuka usaha mandiri sehingga tidak terus bergantung pada bantuan lagi.

"Tujuan hakiki dari PKH adalah mengentaskan kemiskinan, apabila ada masyarakat yang bisa mandiri dalam membuka usaha baru maka hal itu perlu dicontoh," ujar dia.

Sementara itu anggota Komisi II bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Pariaman, Mulyadi juga mendorong masyarakat penerima PKH agar bisa menciptakan lapangan usaha mandiri.

Tujuannya ujar dia, selain memutus atau mengurangi angka kemiskinan hal itu juga berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan dalam skala kecil.

"Masyarakat tidak bisa selamanya bergantung kepada bantuan pemerintah, peserta PKH harus berani membuka usaha secara mandiri ke depannya," kata dia. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar