Asuransi Bhineka Life Majukan UMKM Sumbar

id asuransi

Asuransi Bhineka Life Majukan UMKM Sumbar

Presiden Direktur Asuransi Bhinneka Life Wiroyo Karsono (kanan), Kadis Koperasi dan UKM Sumbar Zurma Yusri (kiri) dan Kadis Koperasi,UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Solok Nasripul Romiko ketika memberikan keterang terkait program “Bhinneka Simfoni Untuk Negeri” di Plaza Andalas,Sabtu (12/5). (ANTARA SUMBAR / Mario S Nasution) (_)

Padang, (Antaranews Sumbar)- Asuransi Bhineka Life menyatakan pihaknya memiliki komitmen ntuk memajukan Usaha Kecil Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Barat dengan cara memberikan proteksi yang baik untuk diri, keluarga dan usaha yang dijalankan oleh pelaku usaha.

Presiden Direktur Bhineka Life Wiroyo Karsono di Padang, Sabtu mengatakan salah satu bentuk Asuransi Bhineka Life adalah dengan membuat program "Bhineka Life Simfoni Untuk Negeri" yang digelar di Plaza Andalas,Kota Padang Sumatera Barat pada 12-13 Mei 2018.

Ia mengatakan dalam program ini pihaknya mengundang pelaku UMKM untuk menunjukkan berbagai hasil usahanya sekaligus berbagi kita agar sukses dalam menjalankan bisnis dan perencanaan keuangan.

"Kami memiliki tekad agar dapat menjangkau masyarakat Sumbar khususnya untuk pelaku UMKM. Pelaku UMKM merupakan tonggak penting berjalannya roda perekonomian di provinsi ini sehingga agar mereka dapat menjalankan usahanya dengan aman dan baik kami akan memberikan perlindungan kepada diri, keluargadan usaha yang dijalankan," kata dia.

Ia mengatakan untuk menjangkau seluruh masyarakat di daerah itu pihaknya memiliki agen-agen yang handal dan siap membantu nasabah dalam menentukan perlindungan seperti apa yang dibutuhkan.

"Kami percaya dengan adanya perencanaan keuangan yang baik masyarakat akan mendapatkan perlindungan atau proteksi yang baik," ujarnya.

Kota Padang ini merupakan kota kedua yang dikunjungi oleh perusahaan asuransi yang didirikan pada 22 Oktober 2016. Saat ini perusahaan ini telah mengelola aset perusahaan sebesar Rp1,23 triliun serta dukungan modal disetor sebesar Rp600 miliar.

Sejak didirikan pada 2016 Asuransi Bhineka telah melindungi 92 ribu orang pemegang polis, kemudian perusahaan ini pada 2017 memiliki laba komprehensif sebesar Rp11,4 miliar dengan tingkat Risk Based Capital (RBC) 417 persen, jauh melampaui ketentuan minimum OJK yaitu 120 persen.

Asuransi Bhineka telah memiliki 25 kantor wilayah dan 358 kantor pemasaran disertai 18 ribu agen dan 1.000 karyawan di seluruh Indonesia.

Jenis produk asuransi yang ditwarkan adalah proteksi dan investasi, akumulasi kekayaan, asuransi kesehatan, Bhinneka Asuransi Indonesia untuk keluarga, Bhinneka Assurance Edu untuk pendidikan dan Bhinneka Assurance Estate dan Bhinneka Assurance Capital untuk masa depan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Zurma Yusri mengucapkan terima kasih kepada Bhinneka Life yang telah menjalankan program karena sejumlah UMKM dapat memperkenalkan usaha mereka kepada khalayak ramai di Plaza Andalas ini.

"Program ini tentu memiliki dampak agar UMKM di Sumbar ini terus meningkat. Kami berharap tentu acara yang berhubungan dengan pengembangan UMKM ini dapat digelar secara rutin baik dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta," kata dia.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM,Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Solok Nasripul Romiko mengatakan potensi UMKM di kaputennya cukup besar, saat ini telah ada sekitar 13.000 UMKM yang terdiri dari 3.000 bergerak di bidang olahan pangan, 2.000 unit bergerak di bidang perabot dan sisanya bergerak di bidang perdagangan.

"Solok identik dengan penghasil beras padahal kabupaten ini juga sebagai penghasil bawang yang dijual tidak hanya di Sumatera tapi juga ke Pulau Jawa. Dalam satu hari itu bawang dapat diproduksi petani di daerah ini sebanyak 200 ton per harinya," kata dia.*