Padang Pariaman gelar MTQ berhadiah umrah

id MTQ berhadiah umrah

Peserta MTQ berhadiah umrah sedang pawai pada pembukaan acara tersebut di Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Rabu (9/5). (Antara Sumbar / Aadiaat M. S)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Yayasan Al Aziz di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat se-kabupaten tersebut dengan hadiah umrah.

"Ada dua cabang yang diperlombakan yaitu tilawah dan tahfiz tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Padang Pariaman," kata Ketua Yayasan Al Aziz Kabupaten Padang Pariaman, Amir Azli saat pembukaan MTQ se-Kabupaten Padang Pariaman di Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Rabu.

Ia mengatakan setiap kecamatan di kabupaten itu mengirimkan enam qori dan qoriah terbaiknya untuk berlomba pada MTQ yang dimulai dari 9 sampai 14 Mei.

Selain itu MTQ tersebut juga dipertandingkan tahfiz juz amma tingkat korong di Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Pemenang dari masing-masing cabang dan tingkatan akan mendapatkan hadiah tabungan dan umrah.

"Setidaknya ada tujuh tiket umrah yang kita sediakan untuk pemenang," katanya

Hadiah tersebut, lanjutnya diberikan oleh salah satu pengusaha asal Kecamatan V Koto Kampung Dalam dengan tujuan agar pelajar di kabupaten itu semangat mengasah kemampuannya dalam membaca Al Quran.

"Dan kegiatan ini merupakan peringatan Hari Ulang Tahun Yayasan Al Aziz yang pertama," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat membangkitkan semangat pelajar untuk membaca Al Quran.

"Kepada pelajar saya berharap dalam MTQ ini tidak saja hanya mengejar hadiah dan prestasi namun juga memasyarakatkan Al Quran," ujar dia.

Ia mengimbau warga di daerah itu untuk semangat membaca Al Quran apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan.

Ia pun mendorong warga di daerah itu untuk mulai membaca Al Quran 1 satu hari satu juz untuk memasyarakatkan kitab suci umat Islam tersebut. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar