Mufidah Jusuf Kalla resmikan sentra tenun terbesar Indonesia di Tanah Datar (Video)

id Mufidah Jusuf kalla

Istri Wakil Presiden RI, Ny Mufidah Jusuf kalla (dua dari kiri) didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno (dua dari kanan) serta Ketua Dekranasda Tanah Datar, Emy Irdinansyah (Kiri) melihat salah satu Songket Lintau, Selasa (8/5). (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat)

Saya memperhatikan Indonesia punya potensi tenun luar biasa
Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Istri Wakil Presiden RI Ny Mufidah Jusuf Kalla meresmikan Sentra Industri Tenun terbesar di Indonesia yang berada di Nagari Tigo Jangko, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar).

Ia menyampaikan pembangunan sentra tenun tersebut berawal dari perhatiannya terhadap keberadaan tenun di seluruh Indonesia yang memiliki potensi luar biasa, salah satunya adalah Sumbar.

"Saya memperhatikan Indonesia punya potensi tenun luar biasa," katanya pada peresmian Sentra Industri Tenun di Lintau, Selasa.

Beberapa songket yang ada di Sumbar memiliki bentuk yang indah, mulai dari warna hingga motif yang digunakan.

Beberapa songket hasil tenun tersebut bahkan sudah dikenal hingga ke luar negeri dan sangat diminati oleh wisatawan sebagai buah tangan.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan keberadaan sentra industri tenun yang ada saat ini merupakan inisiatif dari Mufidah Jusuf Kalla.

Ia mengatakan selain Pandai Sikek, Lintau adalah daerah lain di Tanah Datar yang juga memiliki kerajinan tenun.

Menurut dia, sentra tenun ini nantinya tudak hanya diperuntukkan bagi masyarakat Lintau ataupun Tanah Datar, akan tetapi terbuka bagi seluruh generasi muda di Sumbar yang ingin mempelajari tenun.

Sekalipun saat ini baru ada beberapa bangunan, akan tetapi Irdinansyah menyebutkan fasilitas yang ada saat ini sudah mencukupi untuk pelaksanaan operasional.

"Bahkan kita sudah melatih sebanyak 70 orang generasi muda untuk menenun, dari jumlah tersebut tidak hanya berasal dari Lintau, akan tetapi juga dari daerah lain," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Mufidah Jusuf Kalla juga didampingi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar, Nevi Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Menteri PUPR, Basuki Hadi Moeljono serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy. (*)

Video: Syahrul Rahmat

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar