DPRD Pariaman tunggu rekomendari partai untuk jabatan pimpinan

id DPRD Pariaman,Pimpinan DPRD Pariaman

Wakil Ketua DPRD Pariaman Syafinal Akbar saat mengambil sumpah jabatan PAW life Iswar menggantikan Mardison Mahyuddin. (Foto Humas Pariaman)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - DPRD Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan masih menunggu rekomendasi Partai Golkar dan Gerindra untuk mengisi dua kursi pimpinan dewan yang masih kosong sisa periode 2014 hingga 2019.

"Hingga saat ini DPRD Pariaman belum ada menerima nama yang diusulkan oleh partai Golkar maupun Gerindra untuk mengisi kursi ketua dan wakil ketua," kata Wakil Ketua DPRD Pariaman, Syafinal Akbar, di Pariaman, Senin.

Hal tersebut disampaikannya usai sidang paripurna Pengganti Antar Waktu (PAW) Life Iswar yang menggantikan Mardison Mahyuddin karena maju sebagai calon Wakil Wali Kota Pariaman periode 2018-2023.

Saat ini ujar dia, kursi pimpinan DPRD Kota Pariaman baru diisi oleh satu anggota dewan dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) dari 20 kursi di kedewanan.

"Total ada tiga kursi pimpinan DPRD Pariaman, satu orang atas nama Jhon Edwar meninggal dunia pada 1 Agustus 2017 dan Mardison Mahyuddin maju pada Pilkada serentak 2018," kata politisi Partai NasDem tersebut.

Pihaknya menjelaskan jika Golkar dan Gerindra sudah mengajukan dua nama tersebut, maka selanjutnya diteruskan ke Gubernur Sumbar melalui Wali Kota Pariaman untuk diproses.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Pariaman Mardison Mahyuddin mengatakan pihaknya bersama kader partai terlebih dahulu melakukan penilaian termasuk uji kapatutan calon yang akan diusulkan sebagai Ketua DPRD sisa periode 2014 hingga 2019.

"Posisi ketua DPRD ini harus betul-betul diisi oleh tokoh politik yang handal karena akan mengayomi sejumlah partai besar termasuk mengawasi jalannya roda pemerintahan," kata dia.

Setelah itu lanjut dia, DPD Golkar Kota Pariaman akan mengirimkan nama yang diusulkan ke tingkat DPD Golkar Provinsi Sumbar, kemudian diteruskan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk ditindaklanjuti.

Oleh karena itu lanjut dia, pihaknya masih melakukan penilaian dan pemantauan terhadap tiga anggota dewan dari partai Golkar yang saat ini duduk di kursi DPRD Pariaman.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar