CPNS Kemenkumham Sumbar disiapkan jadi ASN profesional

id CPNS Kemenkumham

CPNS Kemenkumham Sumbar disiapkan jadi ASN profesional

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar Dwi Prasetyo Santoso (kiri), Widyaswara Utama BPSDM Kementerian Hukum dan HAM RI Ma'mun (tengah), dan Sekretaris Provinsi Sumbar Ali Asmar, saat membuka pelatihan dasar bagi CPNS, di Padang, Kamis (3/5). (ANTARA Sumbar/Fathul Abdi)

Poin utama yang diharapkan dari pendidikan ini adalah munculnya cara berpikir sebagai seorang ASN
Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 381 Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar), diikutkan pelatihan dasar di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSD) setempat, agar menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional saat bertugas.

"Kami menyerahkan para CPNS ke BPSDM untuk diberi pendidikan latihan dasar yang dulunya bernama prajabatan, pelatihan akan berlangsung selama empat bulan untuk memantapkan profesionalisme kerja," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar Dwi Prasetyo Santoso, di Padang, Kamis.

Ia mengatakan CPNS berjumlah 381 orang itu akan dibagi pada lima gelombang dan sepuluh kelas, dijadwalkan seluruhnya selesai pada September 2018.

"Poin utama yang diharapkan dari pendidikan ini adalah munculnya cara berpikir sebagai seorang ASN," katanya.

Sementara Kepala BPSDM Rosman Effendi, mengatakan pihaknya sebagai fasilitator pelaksanaan pendidikan latihan dasar.

Beberapa materi yang akan diberikan kepada para CPNS adalah adalah wawasan kebangsaan, pemahaman NKRI, pemberantasan korupsi, serta pemahaman bela negara.

Pemateri berasal dari BPSDM Sumbar, Kanwil Kemenkumham Sumbar, serta narasumber yang akan dihadirkan.

Latihan dasar tersebut dilakukan dengan sistem off-on, sehingga para CPNS masih bisa bertugas sesuai penempatan masing-masing.

"Dengan sistem off-on, para CPNS tidak berada di sekolah selama empat bulan berturut-turut. Namun ada masa libur sehingga CPNS bisa bekerja di kantor masing-masing," kata Dwi Prasetyo.

Meskipun demikian, katanya, selama masa libur para CPNS akan diberi tugas yang harus dikumpulkan ketika masuk kembali.

Ia meminta para CPNS bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan, mengingat masih ada kemungkinan CPNS gagal diangkat sebagai ASN jika tidak lulus pelatihan dasar.

"Tidak ada kata mengulang, artinya yang gugur atau tidak lulus maka tidak diangkat sebagai ASN, sehingga harus sungguh-sungguh," katanya.

Sementara Sekretaris Provinsi Sumbar Ali Asmar, berharap pelatihan itu dapat mengubah birokrasi serta SDM di jajaran Kemenkumham menjadi lebih baik.

"Negara akan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, jika petugasnya baik. Pelatihan ini harus berjalan dengan benar," katanya yang hadir memberi sambutan. (*)