Baznas Dharmasraya bantu 1.122 warga jompo

id Baznas Dharmasraya,Sutan Riska

Bupati Sutan Riska menyerahkan bantuan secara simbolis kepada seorang warga jompo, Rabu (2/5). (ANTARA SUMBAR/Ilka Saputra)

Pulau Pujung, (Antaranews Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), melalui program Dharmasraya Peduli menyalurkan bantuan biaya hidup untuk 1.122 orang jompo di daerah itu.

Kepala Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Dharmasraya, Ridwan Syarif, di Pulau Punjung, Rabu, mengatakan, para jompo tersebut mendapat bantuan masing-masing sebesar Rp500.000.

"Hari ini kita mulai salurkan untuk Kecamatan Pulau Punjung sebanyak 183 warga jompo, penyaluran dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sutan Riska," ujarnya.

Ia mengatakan penyaluran ke 10 kecamatan tersisa akan dilakukan secara bertahap, ditargetkan tuntas 9 Mei 2018 mendatang.

Total keseluruhan dana yang disalurkan Baznas Dharmasraya untuk para jompo sebanyak Rp526 juta, kata dia.

Ia menjelaskan data penerima bantuan langsung diterima dari pihak pemerintah nagari (desa adat) yang mengusulkan setiap Jorong (dusun) tiga para jompo.

Menurut dia metode pendataan seperti itu bertujuan agar penyaluran bantuan tepat sasaran dan merata bagi seluruh warga daerah itu.

"Sebelumya data yang diusulkan kami verifikasi lapangan terlebih dahulu, apakah data usulan sesuai atau tidak, tujuannya agar tepat sasaran," ujarnya.

Selain mereka mendapatkan bantuan berdasarkan usulan pemerintah nagari atau juga hasil temuan dari anggota Baznas Dharmasraya di lapangan, tambah dia.

Salah seorang penerima bantuan Jumanah (73) warga Pulau Punjung, mengungkap syukur dan terima kasih atas bantuan yang ia terima.

"Alhamdulillah sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Uangnya juga sudah cukup untuk saya," sebutnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar