54 dosen Kopertis X terima penghargaan satya lencana dari pemerintah (Video)

id Kopertis

54 dosen Kopertis X terima penghargaan satya lencana dari pemerintah (Video)

Koordinator Kopertis X Prof Herri menyematkan Tanda Kehormatan Satya Lencana kepada 54 dosen yang menerimanya di halaman Kopertis X, Rabu (2/5). (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana ini dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap 2 Mei
Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 54 dosen yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X menerima penghargaan dari pemerintah pusat, karena sudah mengabdi dan berjasa terhadap pendidikan tinggi.

"Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana ini dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap 2 Mei," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Rabu.

Menurutnya pemberian tanda kehormatan itu merupakan penghargaan pemerintah terhadap pengabdian yang telah diberikan dan ungkapan terima kasih atas pengabdian, kerja keras dan dedikasi selama ini.

Tanda kehormatan ini terbagi atas tiga kategori, yakni yang sudah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun dan diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi bagi dosen yang meraih penghargaan itu.

Dengan diterimanya Satya Lencana ini, pihaknya berharap kinerja dan terobosan dosen yang sudah mengabdi hingga puluhan tahun itu tetap konsisten dan terus memberikan inovasi.

Riset atau penelitian, lanjutnya tidak bisa dipisahkan dari seorang dosen, dan ini adalah momentum untuk membangkitkan semangat tenaga pendidik agar terus berinovasi sesuai bidangnya.

"Apalagi saat ini tantangan di dunia pendidikan tinggi terus meningkat seiring perkembangan zaman," ujarnya.

Prof Herri menjelaskan pemberian penghargaan tersebut telah melalui seleksi dan memperhatikan catatan admistrasi, syarat ketentuan dan rekam jejaknya sebagai tenaga pendidik.

Secara teknis, lanjutnya kriteria penilaian dimulai dari internal Perguruan Tinggi Swasta (PTS) jika memenuhi syarat akan diusulkan ke kopertis X untuk selanjutnya dicek secara administratif, kemudian diusulkan secara berjenjang ke pusat.

Ia juga berharap momentum ini turut menjadi motivasi bagi dosen lain yang belum menerima penghargaan tersebut, serta terus menggali potensi diri dan melahirkan karya yang bermanfaat untuk kemajuan tanah air.

Salah seorang penerima penghargaan itu, Dr Suparno yang merupakan Dosen Universitas Bung Hatta mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan Tanda Kehormatan Satya Lencana itu.

"Ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkarya dan mencerdaskan anak bangsa," ujarnya.

Tanda Kehormatan Satya Lencana kepada 54 dosen tersebut diserahkan usai upacara peringatan Hardiknas yang jatuh setiap 2 Mei di Lapangan Kopertis X. (*)

Video: Novia Harlina