Tingkatkan produksi ikan, Pasaman Barat bantu nelayan

id Nelayan Pasaman Barat,Bantuan Alat Tangkap Ikan

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Bupati Pasaman Barat, Syahiran, Sekretaris Dinas Perikanan Pasaman Barat, Luthfi saat menyerahkan secara simbolis peralatan fish box kepada nelayan Katiagan Kinali. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan bantuan sejumlah peralatan dalam upaya meningkatkan produksi ikan nelayan yang ada di daerah itu.

"Benar, kita terus berupaya meningkatkan produksi ikan di Pasaman Barat. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan bantuan peralatan bagi nelayan," kata Kepala Bidang Tangkap Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan fish box ukuran 200 liter untuk kelompok Gamilang Rasaki Basamo Nagari Katiagan Kecamatan Kinali sebanyak 105 unit.

Fish box itu diberikan ntuk 53 orang nelayan. Masing-masing nelayan mendapatkan dua unit fish box.

Selanjutnya bantuan GPS untuk kelompok Hiu Karang Nagari Air Bangis sebanyak tiga unit.

"Bantuan itu berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar dan telah disalurkan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi nelayan," ujarnya.

Penyerahan bantuan itu telah diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, anggota DPRD Provinsi Sumbar, Bupati Pasaman Barat, dan Dinas Perikanan Pasaman Barat.

Pihaknya menargetkan pada 2018 produksi ikan tawar dan laut di daerah itu pada 2018 sekitar 116. 220 ton.

"Benar, kita terus berupaya menaikkan produksi ikan dengan berbagai program dan bantuan yang diberikan," katanya.

Ia mengatakan untuk budidaya ikan tawar pihaknya akan memberikan bantuan benih ikan tawar sebanyak 2 juta ekor yang akan diberikan kepada 300 kelompok budidaya ikan air tawar.

"Asumsinya akan menghasilkan produksi 180 ton. Artinya jika ditambah dengan produksi selama ini maka total produksi ikan tawar pada 2018 ini mencapai 6.720 ton," ujarnya.

Menurutnya selain menyediakan benih ikan, pihaknya juga memberikan bantuan sarana prasarana pendukung seperti benih dan pakan serta peralatan lainnya.

Selain menaikkan produksi ikan air tawar, Dinas Perikanan juga membuat program perikanan tangkap laut dengan target produksi 109.500 ton.

"Jika ditambah dengan produksi ikan air tawar maka produksi ikan pada 2018 mencapai 116.220 ton per tahun," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar