1.088 pelajar Dharmasraya peroleh beasiswa dari Basnaz

id Beasiswa Pendidikan,Baznas Dharmasraya

Kepala Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Dharmasraya, Ridwan Syarif. (ANTARA SUMBAR/Ilka Saputra)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, pada 2018 akan menyalurkan beasiswa pendidikan melalui program Dharmasraya Cerdas kepada 1.088 pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA di daerah itu.

"Kita rencanakan penyaluran dilaksanakan awal bulan depan dari 2 sampai 9 Mei 2018," kata Kepala Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Dharmasraya, Ridwan Syarif di Pulau Punjung, Minggu.

Ia merinci penerima bantuan pelajar SD 628, SMP 256, dan SMA 145. Masing-masing menerima beasiswa sebesar Rp600 sampai Rp800 ribu untuk membantu proses pendidikan.

Ia mengatakan anggaran beasiswa pendidikan sebanyak Rp411 juta dihimpun dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN), perusahaan, dan masyarakat Dharmasraya.

Pihaknya mengatakan beasiswa tersebut diberikan kepada pelajar yang memang kesulitan dari segi ekonomi.

"Calon penerima diseleksi secara profesional sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan dan tanpa ada intervensi dari pihak mana pun. Kami yakin penerimanya nanti benar-benar yang membutuhkan," ujarnya.

Ia mengatakan bantuan beasiswa pendidikan merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat, khususnya pelajar dalam memajukan pendidikan

Penyaluran beasiswa tersebut lanjut dia, diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menempuh dunia pendidikan bagi pelajar.

"Pendidikan yang tinggi dan berkualitas diharapkan dapat mengubah kondisi pribadi keluarga, masyarakat luas, dan daerah," ujarnya.

Baznas Dharmasraya setiap tahun rutin memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat melalui beberapa program Baznas Dharmasraya salah satunya Dharmasraya Cerdas, tambah dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar