BPS Padang tuntaskan sosialisasi pendataan potensi desa

id Pendataan Potensi Desa,BPS Padang

BPS Padang tuntaskan sosialisasi pendataan potensi desa

Kepala BPS Padang Rizal tengah berjabat tangan dengan Camat Kuranji saat melakukan sosialisasi Potensi Desa. (ANTARA SUMBAR/Domukentasi Humas Setko Padang)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang menuntaskan sosialisasi pendataan Potensi Desa 2018 di sebelas kecamatan sebagai persiapan pengumpulan data pada 2 hingga 31 Mei 2018.

"Sosialisasi terakhir di Bungus Teluk Kabung, diharapkan perangkat kelurahan dan kecamatan telah memahami alur kegiatannya termasuk memberikan pengertian kepada masyarakat," kata Kepala BPS Padang Rizal di Padang, Minggu.

Dia menyebutkan sejak dua minggu ke belakang pihaknya mengelilingi setiap kecamatan dan memberikan arahan terkait penyiapan data untuk pengumpulan nantinya.

Sekitar 1.500 petugas akan disebar ke 104 kelurahan untuk mengumpulkan data dalam hal sektor kependudukan, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan hingga pariwisata.

Dalam pendataan nantinya lama waktu akan ditentukan oleh luas dan jangkauan wilayahnya, sebagai contoh Kuranji yang diprediksi hanya delapan hari dapat dikumpulkan datanya.

Namun dapat juga ditentukan oleh tingkat kerumitan di suatu kecamatan yang dinilai memiliki potensi besar di segala sektor.

Hasil dari Potensi Desa ini akan menjadi salah satu rujukan untuk arah kebijakan pemerintah kota selanjutnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel mengatakan kegiatan BPS tentang Potensi Desa akan bermanfaat bagi pemetaan potensi daerah dari kelurahan.

Potensi yang muncul dalam analisis BPS nanti akan menjadi bahan pertimbangan pembangunan prioritasi kota di tahun mendatang.

Dengan begitu patokan pembangunan daerah tidak hanya mengacu pada aspirasi musyawarah perencanaan pembangunan atau musrenbang semata, namun akan didukung data statistika BPS. (*)