Solok Selatan matangkan penyambutan rencana kunjungan presiden ke kawasan Saribu Rumah Gadang

id Firdaus Firman

Plt Kabag Humas dan Protokol Solok Selatan, Firdaus Firman. (Antara Sumbar/Erik Ifansyah Akbar)

Pak Jokowi direncanakan menggunakan helikopter ke Solok Selatan
Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mematangkan persiapan penyambutan rencana kunjungan Presiden Joko Widodo ke daerah yang berbatasan dengan Kerinci, Jambi itu pada Mei mendatang.

Pelaksana Tugas Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Solok Selatan Firdaus Firman di Padang Aro, Sabtu, menyebutkan persiapan penyambutan terus dilakukan dengan menggelar rapat antarorganisasi perangkat daerah, forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), pemangku adat, Kerapatan Adat Nagari (KAN).

Kepala Negara direncanakan meninjau revitalisasi total Kawasan Saribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

Sebelumnya, pada Peringatan Hari Pers Nasional 2018 di Padang, Presiden mencanangkan revitalisasi total Kampung Adat terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 itu.

Firdaus Firman menyebutkan pemerintah kabupaten setempat telah menyiapkan sejumlah rencana penyambutan kedatangan Kepala Negara, seperti penampilan kesenian, kehadiran seluruh pemangku adat dengan baju kebesaran, kemudian opsi helipad yang direncanakan untuk pendaratan helikopter yang membawa Presiden.

"Pak Jokowi direncanakan menggunakan helikopter ke Solok Selatan," katanya.

Pilihan lokasi pendaratan helikopter yang membawa Presiden, yakni lapangan sepak bola Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, lapangan Bancah, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

"Kantor bupati jika memungkinan juga bisa digunakan sebagai helipad," ujarnya.

Selain ke kawasan Saribu Rumah Gadang, Presiden juga akan meninjau padat karya dan menandatangani prasasti pembangunan Masjid Agung Solok Selatan.

"Pihak balai wilayah sungai sudah ke Solok Selatan, tapi belum memutuskan lokasi padat karya yang akan ditinjau Pak Jokowi," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Armen Syahjohan menyebutkan rencana kedatangan Kepala Negara untuk meninjau revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang itu bakal membawa dampak bagi pembangunan pariwisata Sumbar, khususnya Solok Selatan.

"Restorasi kawasan Saribu Rumah Gadang merupakan masa depan pariwisata Solok Selatan. Rencana kedatangan RI 1 ke Saribu Rumah Gadang pasti akan membawa dampak besar, khususnya kunjungan wisatawan," ujarnya.

Ia menambahkan kedatangan Jokowi ke Kawasan Saribu Rumah Gadang yang berada di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu bisa mempercepat proses penyelesaian restorasi itu.

"Kawasan Saribu Rumah Gadang bakal menjadi salah satu destinasi wisata Sumbar. Akan memberikan dampak ekonomi bagi daerah," ujarnya.

Pembangunan daerah, katanya, tidak akan cukup dengan menggunakan APBD. Kedatangan Presiden yang akan didampingi oleh sejumlah menteri diharapkan bisa dimanfaatkan pemkab setempat untuk mempresentasikan rencana pembangunan daerah.

"Tanpa APBN, pembangunan infrastruktur dan manusia akan berjalan lambat. Kami harapkan pemkab bisa memanfaatkan kehadiran pimpinan kementerian," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar