GOW tambah wawasan organisasi wanita pentingnya tes IVA

id Tes Iva

GOW tambah wawasan organisasi wanita pentingnya tes IVA

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Solok Selatan Ayu Abdul Rahman memberikan arahan saat sosialisasi tes IVA di Padang Aro, Kamis (26/4). (ANTARA SUMBAR/Humas Pemkab Solok Selatan)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Gabungan Organisasi (GOW) Solok Selatan, Sumatera Barat sosialisasi pentingnya pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) kepada organisasi wanita guna menambah wawasan mereka kegunaan deteksi dini kangker mulut rahim.

Ketua GOW Solok Selata Ayu Abdul Rahman, di Padang Aro, Kamis, mengatakan, sosialisasi ini diberikan dengan tujuan agar dapat menambah wawasan anggota organisasi wanita mengenai bahaya kanker mulut rahim, yang bisa menimpa wanita yang telah menikah.

"Kematian terbesar wanita di Indonesia disebabkan oleh kanker mulut rahim. Untuk itu sangat penting pendeteksi dini kanker mulut rahim ini dilakukan. Kalau sudah diketahui kita bisa cepat menanganinya," katanya saat membuka acara sosialisasi penyakit dan IVA Tes serta Pelatihan Membuat Jelly Art dan Cemilan dari teh di Padang Aro.

Sosialisasi IVA tes diikuti 65 orang yang tergabung dalam berbagai organisasi wanita.

Dia mengatakan, setiap anggota organisasi wanita diharapkan dapat menjaga kebersihan rumah dan selalu mengontrol kesehatan ke puskesmas secara berkala.

Kalau memang ada tanda-tanda terjangkit kangker mulut rahim cepat bawa ke puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan selanjutnya.

Sementara itu Pelaksana tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lora Ayanda Putri menyebutkan, sosialisasi IVA tes dan pelatihan membuat kue dari teh diberikan kepada anggota organisasi wanita se solok selatan, dimana masing-masing organisasi wanita mengirimakan utusan sebanyak tiga orang.

Ia berharap, dengan pelatihan membuat kue ini ibu-ibu organisasi wanita dapat berkreasi sehingga bisa menambah penghasilan keluarga.

"Selain bisa dipraktekkan di rumah kita masing-masing, pelatihan ini juga bisa menambah penghasilan keluarga, bagi yang kreatif sehingga menjadi nilai jual lebih," ujarnya.

Untuk iva test, katanya, Kabupaten Solok Selatan berhasil menjadi juara pertama di tingkat provinsi untuk pelaksanaan iva test terbaik, dan mewakili provinsi sumatera barat ke tingkat nasional pada tahun ini.

Selain itu Ikatan Bidan Indonesia (IBI) juga meraih rekor muri tahun 2017 untuk pelaksanaan iva test terbanyak di Indonesia.

"Semua tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah," ujarnya. (*)