Orang Pesisir Selatan ini kembali tangani Timnas U-19

id Indra Sjafri ,Timnas U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri. (ANTARA FOTO)

Kalau di sepak bola target itu harus ada karena itu ukuran prestasi. Oleh karena itu saya sudah harus mulai bekerja keras dan mengurangi jam tidur
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Pelatih yang ditunjuk kembali oleh PSSI untuk menangani Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri menyatakan siap menunaikan target juara Piala U-18 AFF dan empat besar Piala U-19 Asia yang dibebankan padanya.

"Kalau di sepak bola target itu harus ada karena itu ukuran prestasi. Oleh karena itu saya sudah harus mulai bekerja keras dan mengurangi jam tidur," ujar Indra ketika dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Terkait komposisi pemain di timnas U-19 nantinya, Indra belum mau berandai-andai. Pasalnya, dia yakin akan ada pemain-pemain baru yang muncul dari kompetisi.

Nama Indra diumumkan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mengisi posisi pelatih Tim Nasional U-19 pada Rabu (25/4) yang kosong setelah ditinggalkan Bima Sakti.

Bima ditugaskan PSSI untuk menjalankan tugasnya sebagai asisten pelatih Timnas U-23.

Indra Sjafri sendiri sejatinya merupakan pelatih Timnas U-19 sebelum Bima Sakti. Namun saat itu PSSI tidak memperpanjang kontraknya dan memberikannya posisi untuk pengembangan pemain muda.

Indra tercatat sebagai pelatiu tersukses sepanjang sejarah Timnas U-19, setelah dia membawa anak-anak asuhnya juara Piala U-19 AFF pada tahun 2013.

Ketika itu, Indra juga berhasil menemukan bakat-bakat usia muda yang saat ini menjadi pilar tim nasional Indonesia, seperti Evan Dimas, Hansamu Yama Pranata, Muhammad Hargianto, dan I Putu Gede Juni Antara.

Sementara terkait kerja samanya dengan Ustaz Yusuf Mansur yang mengelola beberapa klub di Indonesia, Indra mengaku akan memilih fokus ke Timnas U-19.

"Ustaz sangat mendukung saya di timnas. Dia bilang tidak usah pikirkan klub," ujar Indra.

Adapun Indra Sjafri langsung dihadapkan dengan agenda pemusatan latihan (TC) dan uji coba bersama Timnas U-19.

TC rencananya digelar pada Mei, Juni dan Juli 2018. Pada bulan Juni, PSSI menjadwalkan Timnas U-19 mengikuti dua laga uji coba.

PSSI memberikan target yang tidak ringan pada Indra Sjafri. Indra diminta membawa Timnas U-19 menjadi juara Kejuaraan AFF U-18 AFF yang berlangsung 2-14 Juli 2018, dan peringkat empat besar Piala U-19 Asia yang digelar 18 Oktober-4 November 2018. Kedua turnamen ini berlangsung di Indonesia.

"Kami meminta Indra Sjafri untuk fokus menangani Timnas U-19 sampai target itu tercapai," kata Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar