Nasrul Abit: otonomi daerah berdampak positif pada pembangunan

id Nasrul Abit

Nasrul Abit: otonomi daerah berdampak positif pada pembangunan

Wakil Gubernur Nasrul Abit (P Sanene)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit menilai pelaksanaan otonomi memberikan dampak positif pada pembangunan yang lebih merata dan berdasarkan kebutuhan daerah dengan mempertimbangkan masukan masyarakat.

"Masing-masing daerah memiliki potensi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Otonomi memberikan ruang bagi daerah untuk membangun sesuai hal itu," kata dia di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Rabu.

Ia menyampaikan hal itu usai menghadiri upacara peringatan Hari Otonomi Darerah ke-22 tahun 2018.

Menurut Nasrul pembangunan berdasarkan kebutuhan daerah itu memberikan manfaat yang sangat besar untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Salah satu implementasinya adalah melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) secara berjenjang dari kecamatan hingga pusat.

Namun yang harus diperhatikan penyelenggaraan otonomi daerah harus diarahkan untuk membangun tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, demokratis agar bisa mewujudkan tujuan otonomi daerah yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan daya saing, kreatifitas, serta inovasi mengandalkan kekhas an daerah.

Selama 22 tahun otonomi daerah, banyak hal positif yang telah dicapai seperti pembangunan yang lebih merata, pelayanan publik yang makin baik, serta kreativitas masyarakat terpupuk untuk meningkatkan kesejahteraan.

Selain itu pengawasan terhadap program pemerintah serta kerawanan yang berpotensi merusak keutuhan bangsa juga bisa semakin baik.

Bersamaan dengan peringatan otonomi daerah itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga menerima anugrah tanda kehormatan Samkaryanugraha dan penyematan satyalancana karya bhakti praja nugraha sebagai penghargaan tertinggi bagi daerah yang dinilai melaksanakan pemerintahan berdasarkan otonomi daerah. (*)