Melalui Gernas Baku, orang tua pun diajak membacakan buku

id Gernas Baku,Orang Tua Membaca Buku

Melalui Gernas Baku, orang tua pun diajak membacakan buku

Sekretaris daerah Solok Selatan Yulian Efi memberikan sambutannya saat pencananggan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) di Padang Aro, Rabu (25/4). (ANTARA SUMBAR/Dokumentasi Humas Pemkab Solok Selatan)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mencanangkan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) guna meningkatkan peran penting mereka terhadap anak, Rabu.

Sekretaris Daerah Solok Selatan, Yulian Efi, di Padang Aro, mengatakan gernas baku merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah.

"Guru diharapkan mampu bekerja sama dengan para orang tua agar dapat menumbuhkembangan potensi anak sesuai dengan minat dan bakatnya agar tercipta lingkungan aman dan nyaman serta menghargai pendapat anak," katanya.

Hal ini, katanya juga untuk mencegah kekerasan terhadap anak dan menanamkan nilai-nilai akhlak mulia kepada mereka sejak dini.

Menurut dia, keluarga harus berperan aktif dalam tumbuh kembang anak guna pembentukan watak dan karakter anak.

Gernas Baku, katanya bisa menumbuhkan minat baca pada anak sejah usia dini oleh sebab itu perlu didukung bersama-sama.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solok Selatan Zulkarnaini mengatakan, dengan dicanangkannya Gernas Baku diharapakan dapat meningkatkan kedekatan orang tua dengan anak di rumah.

"Orang tua mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang anak di rumah dan disekolah pendidikannya sudah dibantu oleh guru," katanya.

Ia menyebutkan, Gernas Baku akan dimulai pada 5 Mei 2018 dengan tujuan menyukseskan pencanangan Indonesia Emas.

Jadi untuk menuju ke sana maka anak usia 4-6 tahun harus dibiasakan secara dini untuk membaca buku.

Kegiatan tersebut juga diikuti dengan lomba senam anak TK dan PAUD di Aula Sarantau Sasurambi Solok Selatan. (*)