Konser kebangsaan digelar LPP RRI di Kota Medan

id LPP RRI

Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI). (Antara)

Tahun 2018, Konser Kebangsaan yang dikemas dengan pagelaran musik dan dialog kebangsaan itu dimulai di Kota Medan,
Medan, (Antaranews Sumbar) - Konser Kebangsaan Serenada Indonesia digelar Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di Medan, Rabu, 25 April 2018 untuk semakin menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda.

"Setelah sukses menggelar Konser Kebangsaan di enam kota di Indonesia pada 2017, LPP RRI kembali menggelar kegiatan itu," ujar Direktur Program dan Produksi LPP RRI Sulaiman Yusuf di Medan, Selasa.

Tahun 2018, Konser Kebangsaan yang dikemas dengan pagelaran musik dan dialog kebangsaan itu dimulai di Kota Medan.

Kota Medan ditetapkan sebagai kota pertama penyelenggaraan Konser Kebangsaan Serenada itu dengan pertimbangan daerah itu secara menyeluruh merupakan miniatur Indonesia.

Penduduk Sumut multietnis dengan agama yang juga beragam. "Namun nyatanya daerah itu cukup aman. Konser Kebangsaan diharapkan bisa semakin menguatkan rasa damai di daerah itu yang akhirnya bisa menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," katanya.

Dia mengakui, Konser Kebangsaan itu bukan sekadar pagelaran musik atau hiburan semata, tetapi ada pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat, terutama generasi muda.

"Ada pesan yang ingin disampaikan soal keberagaman dan bagaimana menanamkan ideologi dan rasa nasionalisme," katanya.

Mengingat sasaran penonton dari kalangan anak muda, maka acara dikemas dengan tampilan yang bisa dicerna oleh generasi muda.

Dia memberi contoh lagu-lagu kebangsaan atau bernuansa kedaerahan akan dipadu dengan lagu-lagu hits anak muda masa kini.

Kehadiran Fatin Sidqia Lubis, Virza, dan Vicky Sianipar serta dua penyanyi juara Bintang Radio 2017 yakni Willy Lawalata dan Riska Wulandari yang diiringi musik Etnic Combo Toto n Star Featuring Martahan Sitohang dan Dompak Tambunan diharapkan bisa memuat penonton benar-benar puas dan bisa menyerap pesan nasionalisme itu.

Adapun Dialog Kebangsaan menampilkan pembicara utama Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudi Latif dan Direktur Utama LPP RRI M Rohanudin.

Kepala LPP RRI Medan Nawir menyebutkan, persiapan pagelaran itu sudah matang dan diharapkan acara itu bisa memuaskan warga yang menonton Konser Kebangsaan itu.

Pagelaran yang didukung Kementerian Komunikasi dan Informasi, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan, dan beberapa perusahaan BUMN.

Pihaknya menerima laporan dari panitia bahwa kegiatan itu cukup diminati kalangan anak muda yang ditandai dengan antusiasnya pertanyaan soal konser itu.

Virza, Vicky Sianpiar. Willy Lawalata dan Riska mengaku merasa bangga dipercayakan ikut mengisi Konser Kebangsaan itu.

"Ada rasa kebanggaan tersendiri ikut dalam Konser Kebangsaan karena acaranya menyangkut nasionalisme yang memang perlu ditingkatkan," kata Vicky Sianipar. (*)
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar