Pemilu 2019, KPU Solok Selatan siapkan 554 TPS

id KPU Solok Selatan,TPS Pemilu 2019,Pemilu 2019

Pemilu 2019, KPU Solok Selatan siapkan 554 TPS

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria (kiri) dan Ketua KPU setempat Mulyadi (kanan dua) mengikuti pagelaran seni guna meningkatkan partisipasi pemilih di daerah itu pada Pemilu 2019. (Antara Sumbar/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menyiapkan 554 tempat pemungutan suara (TPS) untuk pelaksanaan pemilihan umum 2019.

"Jumlah TPS ini bisa kemungkinan bertambah atau berkurang. Untuk pastinya terlihat setelah penyusunan TPS nanti," ujar Ketua KPU Solok Selatan Mulyadi di Padang Aro, Selasa.

Jika terjadi penambahan dari TPS yang telah disiapkan, imbuhnya pihaknya akan menyesuaikan dengan kondisi geografis daerah itu.

TPS yang disiapkan tersebut, bertambah dibanding pada pemilu 2014 dengan 431 TPS.

Saat ini, imbuhnya tengah dilakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih yang dilakukan oleh panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih) yang jumlah petugasnya sesuai dengan TPS yang disiapkan itu.

Pelaksanaan Coklit selama sebulan 17 April-17 Mei 2018.

Coklit merupakan sinkronisasi gabungan daftar pendudukan potensial pemilih (DP4) yang bersumber dari Kementerian Dalam Negeri dan dafar pemilih terakhir dari KPU pusat.

Jumlah data pemilih yang dicoklit untuk Solok Selatan sebanyak 122.298 yang terdiri atas pemilih laki-laki 61.564 dan pemilih perempuan 60.734.

Sementara jumlah pemilih yang berusia 17 pada hari H pencoblosan sebanyak 11.997, yang didominasi oleh pemilih pemula.

Setelah coklit selesai, daftar yang telah dicocokan dan dilakulan oleh pantarlih tersebut akan dilakukan penyusunan sebagai daftar pemilih sementara (DPS).

Setelah DPS tetapkan, kemudian dilakukan pengumuman DPS untuk meminta tanggapan dan masukan dari masyarakat yang selanjutnya ditetapkan sebagai DPS hasil perbaikan (DPSHP).

"Dari DPSHP ini yang akan kami pleno sebagai daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2019," ujarnya.

Ia menambahkan, sebelumnya KPU secara serentak melakukan sosialisasi menyongsong setahun dilaksanakan pemilu pada Sabtu (21/4). Sosialisasi yang mengangkat seni dan budaya lokal tersebut KPU Solok Selatan menggunakan seni randai.

Dalam randai itu disampaikan pesan yang perkenaan dengan pemilu seperti data pemilih, kampanye, hingga pemungutan suara. (*)