Peresmian KA ke BIM saat kunjungan Presiden ke Sumbar

id Kereta BIM,Kereta Bandara

Peresmian KA ke BIM saat kunjungan Presiden ke Sumbar

Ujicoba KA BIM. (ANTARA FOTO)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Peresmian operasional kereta api Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang, Sumatera Barat, kemungkinan akan dilakukan pada 8 Mei saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sumbar.

"Presiden akan berkunjung lagi ke Sumbar pada 8 Mei 2018. Kami berharap beliau bisa sekalian meresmikan operasional KA bandara," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Senin.

Ia menjelaskan, peresmian kereta api BIM semula diundur hingga Juni bersamaan dengan peresmian light rail transit Palembang, Sumatera Selatan.

KA bandara yang dinamakan Minangkabau Ekspress sudah melakukan uji coba beberapa kali dan dinyatakan sudah memenuhi unsur keamanan. Operasional menunggu peresmian yang menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan.

Kehadiran KA itu diharapkan menjadi salah satu alternatif transportasi bagi masyarakat terutama yang tidak ingin terkena macet pada waktu-waktu tertentu seperti saat wisuda lulusan Universitas Negeri Padang (UNP) yang selalu menyebabkan lalu lintas terhambat.

Tarif yang relatif terjangkau karena masih disubsidi oleh pemerintah kemungkinan akan menjadikan moda transportasi ini sebagai favorit bagi masyarakat Padang.

Selain meresmikan KA bandara, Presiden Joko Widodo menurut Nasrul Abit juga akan meninjau revitalisasi kawasan saribu rumah gadang di Solok Selatan dan sejumlah proyek padat karya.

Revitalisasi kawasan saribu rumah gadang itu merupakan perintah langsung Presiden saat berkunjung ke Sumbar pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2017. Demikian juga perbaikan Desa Pariangan yang merupakan salah satu desa terindah di dunia.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran mengatakan peresmian operasional KA bandara batal diresmikan sesuai rencana pada Sabtu (21/4). Jadwal pasti peresmiannya belum diinformasikan oleh Kementerian Perhubungan, tetapi ada kemungkinan bersamaan dengan operasional Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan, pada Juni 2018.

Namun, jika Presiden jadi berkunjung ke Sumbar, peresmian akan dilakukan orang nomor satu di Indonesia itu. (*)