Tundukan Australia 1-0, Timnas putri Jepang juara Piala Asia

id Timnas Putri Jepang,Piala Asia

Beijing, (Antaranews Sumbar) - Tim nasional putri Jepang berhasil mempertahankan gelar juara Piala Asia setelah menundukkan Australia dengan skor 1-0 pada babak final yang digelar di Amman, Yordania, Jumat malam.

Gol tunggal tim juara bertahan itu dicetak pemain cadangan Kumi Yokoyama pada menit ke-84, demikian Kantor Berita China Xinhua, Jumat pagi.

Gelar tersebut merupakan yang ketiga kalinya dalam tujuh tahun terakhir bagi timnas putri Jepang dan pertama bagi kepemimpinan pelatih Asako Takakura.

Australia menyiakan banyak peluang emas dalam pertandingan final itu, termasuk kegagalan pemain tengah Elise Kellond-Knight mengeksekusi penalti pada menit ke-14.

Pada hari yang sama, timnas putri China berhasil menyudahi perlawanan Thailand dengan skor 3-1 dalam perebutan tempat ketiga.

Pemain China Li Ying sukses menjadi pencetak gol terbanyak dalam turnamen tersebut dengan mengemas tujuh gol.

Kepala Pelatih timnas putri China Sigurdur Ragnar Eyjolfsson mengaku sangat senang atas kemenangan timnya tersebut.

Menurut dia, anak asuhnya sangat telaten selama babak pertama. Namun sepanjang babak kedua, timnya mampu mendikte lawannya yang merupakan tim terkuat di Asia Tenggara hingga berhasil mencetak tiga gol.

"Secara keseluruhan, dari lima kali main, kami menang empat kali. Bagi kami ini turnamen yang sangat bagus dan anak-anak juga senang bisa menempati juara ketiga. Setidaknya kami juga mendekati puncak juara di Asia," kata pelatih berkebangsaann Islandia itu menghibur diri.

Langkah China terhenti di tangan Jepang pada babak semifinal yang digelar pada Selasa (17/4) dengan skor 1-3. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar