KONI Agam semangati pelatihan atlet yang akan berlaga di Porprov 2018 (Video)

id Atlet dayung

Atlet dayung Kabupaten Agam, sedang latihan di Danau Maninjau, Jumat (20/4). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Pada Porprov nanti kita mengutamakan atlet yang memiliki sertifikat kejuaraan daerah, dan mereka yang meraih medali pada Porprov XIV di Padang pada 2016

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyemangati para atlet agar sungguh-sungguh mengikuti pelatihan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV yang akan digelar di Padang Pariaman pada November 2018.

Ketua KONI Agam, Zarpinus Makmur di Lubukbasung, Jumat, mengatakan dukungan semangat ini diberikan ketika melakukan pemantauan ke arena latihan para atlet yang melibatkan puluhan pengurus KONI Agam.

"Pengurus memantau latihan atlet di dojo atau lokasi latihan dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan rencananya pemantauan ini akan dilakukan ke 34 cabang olahraga di daerah itu. Pihaknya telah memantau latihan atlet judo, wushu dan kempo pada Minggu (15/4).

Pada Jumat (20/4) pengurus KONI akan memantau latihan atlet dayung, tarung derajat, menembak dan muaythai.

"Kita berharap semua cabang olahraga dapat kita pantau menjelang Porprov XV," katanya.

Tujuan pemantauan ini juga untuk melihat kemampuan dan kesiapan para atlet, karena atlet yang akan dikirim pada Porprov adalah cabang olahraga yang telah menyiapkan atlet dengan matang.

"Pada Porprov nanti kita mengutamakan atlet yang memiliki sertifikat kejuaraan daerah, dan mereka yang meraih medali pada Porprov XIV di Padang pada 2016," katanya.

Dengan cara itu Agam diharapkan bisa mempertahankan atau meningkatkan perolehan medali pada Porprov nanti.

Pada Porprov XIV di Padang, Agam berada pada peringkat tiga besar setelah Kota Padang dan Bukittinggi dengan memperoleh medali emas sebanyak 54 keping, perak 50 keping dan perunggu 58 keping.

Sedangkan pada Porprov XIII di Dharmasraya pada 2014, Agam berada pada peringkat empat dengan memperoleh medali emas sebanyak 46 keping, medali perak 45 keping dan medali perunggu 59 keping.

Pada Porprov XII di Limapuluh Kota pada 2012, Agam berada pada peringkat lima dengan memperoleh medali emas sebanyak 43 keping, medali perak 38 keping dan medali perunggu 41 keping.

Ketua Harian Persatuan Olahraga Dayung Agam, Muhammad mengatakanjumlah atlet yang disiapkan ke Porprov XV sebanyak 36 orang, dan mereka akan mengikuti 32 nomor pertandingan.

Mereka akan mengikuti latihan air pada Rabu, Jumat dan Minggu. Sementara untuk latihan fisik setiap hari.

"Mereka dibimbing oleh dua orang pelatih atas nama Wiwi Sugama dan Romi DS," katanya.

Pada Porprov XIV di Padang, atlet dayung mendapatkan lima medali emas, 11 perak dan tiga perunggu.

Pada Porprov XV, pihaknya berharap atlet dayung keluar sebagai juara dua nantinya.

"Kita optimistis target ini tercapai karena berdasarkan hasil pra Porprov di Pantai Tiram Padang Pariaman, Agam meraih peringkat dua," katanya. (*)

Video: Yusrizal

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar