Krakatau Steel belajar penerapan program CSR ke PT Semen Padang

id Krakatau Steel

Krakatau Steel belajar penerapan program CSR ke PT Semen Padang

Staf Corporate Social Responsibility (CSR) PT Krakatau Steel belajar penerapan program tanggung jawab sosial Lingkungan dengan standar ISO:26000 SR ke PT Semen Padang , Jumat. Antara Sumbar/istimewa. (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Empat pilar yang ada pada program Basinergi Mambangun Nangari itu diimplementasikan oleh Forum Nagari di 10 kelurahan yang ada di tiga kecamatan Kota Padang yang merupakan ring 1 perusahaan
Padang, (Antaranews Sumbar) - Sejumlah staf Corporate Social Responsibility (CSR) PT Krakatau Steel berkunjung ke PT Semen Padang untuk mempelajari penerapan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan dengan standar ISO 26000 SR.

"Kami salut dengan CSR Semen Padang yang mengintegrasikan Triple Bottom Line dengan ISO 26000 SR dan sejumlah regulasi lain dalam program CSR, kami ingin mempelajari itu," kata Auditor Sistem Manajemen PT Krakatau Steel Haryeni Ratna Dewi di Padang, Jumat

Ia menilai CSR Semen Padang sudah mampu memetakan seluruh masalah sosial di lingkungan perusahaan.

"Krakatau Steel belum pernah melakukan pemetaan sosial seperti ini. Namun, ini akan kami dilakukan nantinya," katanya.

Ia menyampaikan tujan dari kunjungan juga untuk belajar penerapan ISO 26000 SR, dan meminta penjelasan CSR PT Semen Padang bagaimana menerapkan pedoman ISO 26000 SR .

" Sejauh ini, Krakatau Steel sendiri secara tidak langsung sudah menerapkannya, namun belum terintegrasi secara menyeluruh sesuai dengan kaidah-kaidah yang persyaratkan pada ISO 26000 SR," katanya.

Ia menargetkan akhir 2018 semua pedoman ISO 26000 SR tersebut terealisasi di Krakatau Steeel, karena sejak Februari sudah memulainya dengan melakukan pelatihan.

Dalam kesempatan itu Kepala Biro CSR PT Semen Padang Muhamad Ikrar memaparkan pihaknya melaksanakan program CSR berlandaskan Triple Bottom Line, yaitu provit, people dan lanet yang diintegrasikan dengan ISO 26000 SR, serta berdasarkan beberapa undang-undangan yang berlaku.

Di antaranya, Undang-undang Perseroan Terbatas No 40 tahun 2007, Permen BUMN 02/MBU/7/2017, Permen BUMN 09/MBU/7/2015, dan SK Direksi No PD/PSM/013 tanggal 25 November 2014 tentang Pedoman Teknis CSR PT Semen Padang, kata dia.

"Kemudian juga ada regulasi lainnya, yaitu Komitmen PT Semen Padang dalam Pelaksanaan ISO 26000 SR yang telah diadopsi berdasarkan SNI ISO 26000 : 2013 ," lanjutnya.

Semen Padang, lanjut Ikrar, dalam menerapkan Triple Bottom Line bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah melalui program Basinergi Mambangun Nagari yang di dalamnya terdapat empat pilar, yaitu Semen Padang Campin Nagari, Semen Padang Pandai Nagari, Semen Padang Paduli Nagari dan Semen Padang Elok Nagari.

"Empat pilar yang ada pada program Basinergi Mambangun Nangari itu diimplementasikan oleh Forum Nagari di 10 kelurahan yang ada di tiga kecamatan Kota Padang yang merupakan ring 1 perusahaan," katanya.

Jadi Forum Nagari itu merupakan perpanjangan tangan perusahaan kepada masyarakat," lanjut dia.

Selain mempelajari CSR rombogan dari perusahaan baja yang berpusat di Kota Cilegon, Provinsi Banten itu juga mengunjungi Taman Reklamasi (lapangan Golf) PT Semen Padang yang berada di kawasan Bukit Atas, Indarung.

Tidak hanya itu, rombongan tersebut juga berkunjung ke Forum Nagari Padang Besi dan Bandar Buat. Dalam kunjungan rombongan juga berinteraksi dengan sejumlah pengurus Forum Nagari mengenai pelaksanaan program yang ada di Forum Nagari.

Rombongan dari PT Krakatau Steel yang berkunjung terdiri atas Auditor Sistem Manajemen Haryeni Ratna Dewi, Sr Sales M. Rasyid Rida, Corporate Communication Staf Aditya Ari Nugroho, GCG dan Risk Management Staf Pajar Rachmatullah, dan Perencanaan Community Development Mustofa. (*)