1.206 Pantarlih di Pasaman Barat siap lakukan coklit

id Coklik Pemilu 2019,Pantarlih Pasaman Barat

1.206 Pantarlih di Pasaman Barat siap lakukan coklit

Pantarlih saat menempel stiker tanda terdaftar sebagai pemilih untuk Pemilu 2019 di salah satu rumah warga di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menurunkan 1.206 orang panitia pendaftaran pemilih melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih untuk Pemilu 2019.

"Benar, panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih) akan mendata warga yang layak pilih di 11 kecamatan yang ada," kata Ketua KPU Pasaman Barat, Syafrinaldi di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan pencocokan dan penelitian pemilijlh (coklit) dilakukan sejak 17 April sampai 17 Mei 2018 tujuan coklit serentak di 11 Kecamatan di Pasaman Barat dilakukan adalah untuk pemuktahiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih 2019.

Gerakan coklit serentak secara nasional di seluruh wilayah Pasaman Barat sudah dimulai sejak 17 April. Pantarlih akan melakukan pendataan sampai ke rumah warga.

Untuk masing-masing Pantarlih minimal melalukan pendataan lima Kepala Keluarga (KK) atau lima rumah atau lebih.

"Kita menyiapkan 1.206 orang Pantarlih se-Pasaman Barat. Merekalah yang akan melakukan pendataan kerumah warga yang dimulai hari ini, Selasa (17/4) sampai 17 Mei 2018.

Ia mengimbau agar masyarakat dapat menunggu kedatangan petugas pantarlih kerumah. Jangan persulit dan berikan akses yang cukup sehingga petugas Pantarlih dapat melakukan pemuktahiran data pemilih.

"Mari bekerja sama baik dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019. Kepastian ikut memilih merupakan hak warga yang telah cukup umur," tegasnya.

Ia mengajak peran serta partisipasi semua pihak dengan memberikan tanggapan dan masukan agar daftar pemilih yang dihasilkan akurat, muktahir dan berkualitas.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, Syahiran mengatakan agar pantarlih dapat melakukan pendataan secara baik sehingga masyarakat yang sudah ada hak pilih dapat memilih pada Pemilu 2019.

"Selamat bekerja dan mudah-mudahan Pemilu 2019 dapat berjalan lancar, sukses dan berkualitas," katanya. (*)